Tempat di Temukannya Kapak Genggam Beserta Jenis-Jenisnya

KAPAK GENGGAM – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang penjelasan dari kapak genggam. Pasti anda yang sedang membaca artikel ini sudah tahu apa itu kapak genggam tapi anda belum mengetahui lebih detail tentang sejarah dan kegunaan dari kapak yang satu ini. Nah!!! langsung saja mari kita bahas tentang kapak genggam dibawah ini.

Kapak Genggam

kapak genggam
parararam.com

Mengapa disebut dengan kapak genggam? Disebut kapak genggam karena alat yang ini digunakan dengan cara digenggam. Mirip dengan kapak biasanya, tapi kapak ini memiliki perbedaan yaitu tidak memiliki tangkai untuk dipegang.

Atau secara sederhana nya adalah kapak ini dengan kapak yang ada di zaman sekarang memiliki fungsi yang sama hanya memiliki bentuk yang berbeda. Kapak ini memiliki beberapa jenis diantaranya adalah.

Kapak Perimbas

kapak genggam
wacana.co

Yang pertama adalah kapak perimbas yang sangat sering digunakan untuk memotong kayu , memahat tulang, dan juga dapat digunakan sebagai senjata pertahanan diri dari para musuh. Kapak yang jenis ini sangat sering ditemukan didaerah Jawa Timur, China, Sukabumi dan lain-lainnya.

Dan lokasi yang paling sering ditemukan kapak ini adalah di Jawa Timur atau lebih tepatnya lagi di Pacitan, dengan banyaknya temuan kapak ini maka para ilmuan banyak sekali yang datang hanya untuk meneliti kapak ini.

Kapak Persegi

kapak genggam
wikipedia

Yang selanjutnya adalah kapak persegi, kapak jenis ini sangat sering ditemukan didaerah Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Kapak ini dibuat dengan cara dibakar dan lalu dipahat sampai memiliki ketajaman agar bisa memotong benda-benda keras.

Kapak yang ini memiliki banyak sekali jenis ukuran. kapak ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan kapak zaman dulu yang lainnya. dapat diperkirakan kapak ini berasal dari Yunani karena orang Yunani dulu pernah datang ke Indonesia.

Sekian penjelasan dari kami semoga penjelasan yang telah kami tulis ini bisa bermanfaat bagi para pembacaya. Jika ada saran maka anda bisa menulisnya di bawah ini. Dan jika anda ingin informasi yang lebih banyak maka anda bisa membaca artikel kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar