Kapak Persegi

KAPAK PERSEGI – Area daerah penyebaran kapak persegi serta kapak lonjong dari zaman neolithikum di Indonesia selaras dengan daerah-daerah penyebaran bahasa-baha yang ada di nusantara pada bagian barat dan bahasa di indonesia pada bagian timur. ┬áDua jenis budaya ini berasal dari asia, namun jalur persebarannya berbeda.

Sejarah Kapak Persegi

perjuanganislami

Begitu juga manusia pembawa dan pendukungnya. Menurut von heine geldern penyebaran budaya kapak persegi bermula dari daerah yunan sana tepatnya dfi cina selatan. Yaitu daerah hulu singai-sungai yang ada di asia tenggara.

Seperti Irrawaddy, Brahputra, Salwin, Menam, Mekong, Yang tse Kiang. Melewati lembah-lembah sungai kebudayaan serta manusia pendukungnya melakukan penyebaran melalui hilir hingga sampai di bagian asia tenggara di bagian utara.

Kapak persegi ini sudah lama sekali adanya semenjak zaman dahulu kala. Kebudayaan itu terbagi lagi menjadi kebudayaan kapak bahu. Dalam masa pertumbuhannya masing-masing berdisi dengan sendiri dan memiliki jalan penyebaran yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Penduduk kebudayaan kapak persegi itu merupakan bangsa Austronesia. Kebudayaan penggunaan kapak persegi ini akhirnya memiliki pusatnya di daerah. Tonkin sebab daerah tersebut berdekatan dengan laut. Akibatnya mereka mempunyai kepandaian khusus dari pendukung kebudayaan kapak persegi ini. Dengan menggunakan perahu-perahu mereka tersebar ke negara malaysia barat dan setelah itu melaju ke kalimantan.dari kalimantan barat laut, budaya kapak ini tersebar ke wilayah jepang, farmosa, dan filipina.

Kebudayaan kapak bahu merupakan bangsa austro-asia kebudayaan kapak bahu yang sudah berkembang kemudian tersebar melewati asia tenggara ke barat, tepatnya Myanmar dan india hingga daerah muara sungai gangga. Adapula beberapa melalui Cina dan sampai ke Jepang, Filipina, dan Formosa.

Bangsa autronesia datang ke kepulauan ini tepatnya tahun 2000 tahun sebelum masehi, sementara bangsa autri asia yang diwakili dari bangsa-bangsa khmer di wilayah indocina, bangsa di wilayah mon tepatnya di Myanmar, lalu munda di India datang meuju ke India kira-kira tahun 1500 sebelum masehi.

Kebuadaayan kapak persegi ini berawal dari daerah wilayah yunan tepatnya di Cina tenggara seperti Salwin, Irrawaddy, Mekong, Brahmaputra, dan Menam.

Tinggalkan komentar