8 Kartun Minggu Pagi yang Mengingatkan Masa Kecilmu

Kamu yang lahir pada sekitar tahun 1990 atau biasanya dikenal dengan generasi 90-an pasti memiliki kenangan kenangan manis masa kecil. Hari minggu bagi kamu adalah hari yang paling ditunggu tunggu. Kalo kamu pada hari biasa sangat malas bangun pagi, pada hari Minggu pasti kamu akan berlomba lomba bangun paling pagi. Ada kartun pagi yang kamu tunggu setiap minggu. Kalo sekarang ada youtube yang memudahkan kamu melihat tayangan yang kamu suka. Dulu generasi 90 an harus menuggu selama seminggu untuk menonton kartun favoritnya.

Namun jaman sudah berubah, kini hanya tersisa sebagian saja kartun kartun di hari minggu. Sebagian acara tv di hari minggu diisi dengan acara musik atau FTV. Padahal dulu kartun minggu ada dari jam 5 pagi sampai jam 12 siang.

Yuk mari kita bernostalgia mengenang kartun kartun minggu pagi yang dulu sempat populer di kalangan generasi 90 an.

Kobo Chan

duniaku.net

Mungkin yang mengetahui sepak terjang Kobo dan keluarganya tidak terlalu banyak dibanding Doraemon atau Shinchan, tapi Kobo-chan tetaplah merupakan sebuah karya menarik yang mengupas kehidupan kocak seorang anak kecil beserta keluarganya di Jepang yang sempat tayang di layar kaca kita.

Kobo-chan bercerita tentang keseharian Kobo dan keluarganya, yang terdiri dari Ayah, Ibu, Kakek, Nenek, Paman, Bibi dan peliharaan keluarga, Anjing bernama Pochi dan Kucing bernama Si Manis. Kobo-chan ditayangkan pertama kali di salah satu stasiun televisi swasta tahun 2000 hingga 2001. Tapi komiknya masih bisa kita temukan di toko buku terdekat.

Chibi Maruko-chan

myanimeblog.com

Chibi Maruko-chan mengisahkan tentang seorang siswi kelas 1 SD yang polos dan lugu bernama Momoko Sakura–biasa dipanggil Maruko. Maruko berasal dari keluarga sederhana. Ia tinggal bersama ayah, ibu, kakak perempuan, kakek, serta neneknya. Sifat Maruko sebenarnya biasa saja seperti bocah-bocah pada umumnya. Banyak maunya, gampang penasaran, senang bermain, ngambek kalau keinginannya tak dipenuhi, serta gengsinya besar.

Cerita Chibi Maruko-chan berfokus pada kehidupan sehari-hari Maruko, baik saat di rumah maupun di sekolah. Maruko mempunyai seorang sahabat yang sekelas dengannya, seorang gadis kecil berkacamata yang selalu dikepang dua, Tamae. Ada juga Maruo si ketua kelas, Hanawa yang kaya dan ladies man, Migiwa yang jelek dan centil, serta masih banyak lagi teman-temannya yang lain. Tentu saja semua punya sifat dan ciri khas masing-masing. Simpel, tapi sungguh menggelitik. Itulah Chibi Maruko-chan. Komik, animasi, serta live action yang satu ini bisa membuka mata kita bahwa sebetulnya banyak sekali kejadian kecil lucu yang menghiasi hidup kita sehari-hari.

Hamtaro

wikia.com

Kumpulan hamster-hamster yang imut dan menggemaskan berkumpul di film anime satu ini .Di film anime ini kita menyaksikan kisah petualangan seru Hamtaro dengan teman-temannya. Meskipun tidak sepopuler Doraemon dan Sailormoon, film Hamtaro tetap menjadi salah satu film anime yang disukai pada saat masih ditayangkan di televisi.

Anime ini berpusat pada kisah Hamtaro si hamster jantan yang penuh dengan petualangan seru. Ceritanya Hamtaro ini adalah hamster peliharaannya Laura Haruna. Tapi karena Hamtaro penasaran dengan keseruan alam di luar kandangnya, tiap hari dia berusaha menyelinap keluar dan janjian hang out sama teman-temannya. Aneka rupa hamster yang lucu itu ngasih nama geng mereka The Ham-Hams.

Pokemon

wikia.com

Kisah Pokemon sendiri adalah tentang seorang anak lelaki usia 10 tahun yang bernama Ash Ketchum. Seperti kebanyakan anak-anak lainnya, satu-satunya keinginan Ash adalah menjadi pelatih Pokemon terhebat dunia, The Greatest Pokemon Master. Pada usia 10 tahun, anak-anak diizinkan meninggalkan rumah untuk mengumpulkan Pokemon dan melatihnya bertarung melawan Pokemon milik anak lain dalam Liga Pokemon.

Begitupula dengan Ash yang akhirnya mendapatkan lisensi dan Pokemon pertamanya yang menjadi teman terbaiknya, Pikachu. Lantaran ingin menjadi pelatih Pokemon terhebat dunia, maka Ash harus mengumpulkan 150 Pokemon. Dalam petualangan mengumpulkan dan melatih Pokemon itu, ia ditemani oleh teman-temannya yaitu Brock, Misty, May dan Max yang juga punya Pokemon sendiri.

PowerPuff Girl

nerdist.com

The Powerpuff Girls adalah sebuah film kartun yang bercerita tentang kisah kepahlawanan 3 orang gadis remaja yang mempunyai kekuatan super. Tiga orang gadis yang berasal dari campuran bahan kimia yang diciptakan oleh sang Profesor Utonium. Secara tak sengaja dilaboratoriumnya saat sedang melakukan eksperimen, seekor monyet peliharaannya menuangkan ramuan perempuan sempurna kedalam formula yang sedang diujinya, monyet itu juga menambahkan sebuah zat misterius yang diberi nama “Chemical X” yang ternyata memberikan kekuatan super pada gadis-gadis remaja ciptaannya tersebut.

Sailor Moon

ytimg.com

Sailormoon bagaikan power rangers versi perempuan. Tiap karakter nya memiliki warna khasnya. Sailor Moon punya kalimat yang pasti tidak asing di telingamu “Dengan kekuatan bulan , aku akan menghukumu. Sailor Moon tidak hanya disukai oleh anak perempuan, anak laki laki pun banyak yang suka lho …

Ninja Hatori

amazon.com

Kenichi Mitsuba (10 tahun) adalah anak biasa yang pergi ke sekolah dasar untuk belajar. Sementara itu seorang ninja kecil bernama Hattori Kanzo berteman dengan Kenichi. Hattori yang sekarang menjadi bagian dari keluarga Mitsuba bersama dengan saudaranya, Shinzou dan anjing ninjanya, Shishi-Maru.

Hattori membantu Kenichi dengan berbagai masalah yang dihadapinya dan terus menjaganya sebagai seorang teman yang baik. Yumeko-chan adalah gadis yang disukai oleh Kenichi. Sedangkan Kimimaki, seorang Ninja dari Koga dan kucing ninjanya, Kagekiyo ( masing-masing disebut Amara dan Kiyo dalam versi India) selalu membuat masalah dengan Kenichi. Kenichi meminta Hattori untuk membalas dendamnya.

Meskipun Hattori adalah teman yang baik, Kenichi kadang-kadang berkelahi dengan Hattori karena kesalahpahaman yang dibuat oleh Kemumaki. Kadang-kadang Jippou, Togejirou dan Tsubame juga membantunya. Kartun ini memiliki alur cerita mirip Doraemon.

P – Man

fanpop.com

Seri yang di Indonesia ini disebut Purman terbit sebagai manga dan juga ditayangkan di televisi sekitar tahun 90-an. Ditayankan 3 kali di stasiun TV yang berbeda menurut beberapa sumber, saya sendiri lebih mengingat manga-nya yang tiap beberapa volume mengganti sebutan karakternya entah mengapa. Menceritakan tentang Mitsuo, anak SD yang dipilih oleh penjaga galaksi untuk menjadi penjaga keamanan dan kebenaran di Jepang (dan kadang-kadang ke negara lain) menggunakan topeng dan jubah P-Man bersama 3 orang temannya (yang tidak semuanya manusia).

Kekuatan P-Man berasal dari topeng dan jubahnya. Topeng P-Man melipatgandakan kekuatan fisik sekitar 6600x, dan jubahnya membuat Mitsuo bisa terbang dengan kecepatan 119 km/jam, meskipun jika saat terbang mereka bergabung, kecepatannya bertambah sebanyak 2x lipat tergantung berapa orang yang bergabung. Meskipun semua itu tetap tidak bisa membuat mereka bisa berbicara dengan Purman 2 yang seekor monyet.

Tinggalkan komentar