Inilah Karya Artistik Menakjubkan untuk Menyambut Event Olahraga

Gelaran Olimpiade London yang diadakan setiap tahun itu ternyata bukan hanya menyuguhkan prestasi fenomenal dari para atlit yang mengikutinya. Namun sejumlah karya menakjubkan juga ikut menyemarakkan event olahraga terbesar yang diikuti banyak negara dari seluruh dunia itu.

Karya dalam bentuk menara, benteng pasir hingga bis yang memiliki tangan ikut menyemarakkannya. Berikut ini foto dari karya-karya menakjubkan yang dibuat khusus untuk menyambut event olimpiade tahunan tersebut.

 

Menara ArcelorMittal Orbit

wowkeren.com
wowkeren.com

Menara ArcelorMittal Orbit ini dibuat secara khusus untuk menyambut olimpiade tahunan tersebut. Menara ini punya tinggi 114,5 meter dan dipakai sebagai menara observasi. Menara ini berada di kompleks Stadion Olympic Park, salah satu gelanggang olahraga yang digunakan pada gelaran event olahraga tersebut. Menariknya, menara ArcelorMittal Orbit sebagian konstruksinya dibuat dari baja daur ulang.

Bentuknya yang unik memang kemudian membuat banyak orang tertegun untuk melihatnya. Menara ini dibuat dengan bentuk struktur luar yang melingkar dengan tangga yang berbentuk spiral. Dicat dengan warna merah, keberadaannya memang kemudian sangat mencolok. Banyak orang menganggapnya sebagai karya revolusioner yang indah dipandang.

Bis Push Up

wowkeren.com
wowkeren.com

Karya artistik dengan bentuk bis yang dilengkapi tangan di kedua sisinya juga ikut menyambut perayaan olimpiade tahunan. Adalah seniman Ceko, David Cerny yang mencipatkan karya fenomenal ini. Bis tersebut tidak hanya diam, tapi bisa bergerak naik-turun seperti halnya orang yang sedang push up. Menariknya lagi, saat push up, bis tersebut bisa mengeluarkan suara. David Cerny memilih karya seni bis yang sedang push up karena menurutnya push-up itu sebuah ironi. Sebab push up adalah aktivitas olahraga yang sering dilakukan oleh para atlet, namun bisa juga sebagai kegiatan hukuman untuk tahanan penjara. Jadi menurutnya push up adalah aktivitas fisik yang mengandung ironi.

Benteng pasir

wowkeren.com
wowkeren.com

Sebuah benteng pasir yang menghabiskan dana hingga 5.000 poundsterling (atau sekitar Rp 100 juta) dibuat untuk menyambut Olimpiade London. Benteng setinggi 13 kaki itu bertuliskan “100 days to go” untuk menandai 100 hari hitung mundur dimulainya event olahraga tersebut. Benteng pasir ini dibuat di pantai di Weymouth, kawasan Dorset dan butuh waktu hingga empat hari untuk menyelesaikannya. Uniknya, setelah karya menakjubkan ini selesai dibuat dan digunakan untuk kepentingan dokumentasi, lalu benteng pasir itu pun dihancurkan begitu saja. Alasan pembuatnya karena dikhawatirkan memicu terjadinya insiden yang tak diinginkan jika dinaiki anak-anak.

Spektrum warna Stadion Olimpiade

wowkeren.com
wowkeren.com

Sophie Smallhorn, seniman yang menjadi konsultan warna untuk stadion olimpiade juga ikut menunjukkan imajinasinya saat mengolah spektrum warna di stadion olimpiade. Warna-warna indah itu yang kemudian diintegrasikan dalam fitur pembangunan arsitektur stadion tersebut.

Mobil warna-warni

wowkeren.com
wowkeren.com

Sekitar 4.000 mobil BMW dikumpulikan di lokasi Olimpiade di Stratford, London Timur. Mobil-mobil itu didesain warna-warni sesuai dengan tema olimpiade. Mobil tersebut kebanyakan BMW seri 3 dan seri-5. Mobil itu digunakan untuk mengantar para pejabat dan official selama penyelenggaraan olimpiade.

Papan penunjuk

wowkeren.com
wowkeren.com

Papan ini dibuat untuk menunjukkan momen-momen saat obor olimpiade dibawa. Dalam papan tersebut dicantumkan lokasi serta tanggal saat obor olimpiade dibawa berkeliling.

Instalasi seni

wowkeren.com
wowkeren.com

Sebuah instalasi seni dibuat di Olympic Park di London. Dari instalasi tersebut bisa dilihat betapa megahnya stadion Olimpiade London.

Boneka rajutan

wowkeren.com
wowkeren.com

 

Rajutan boneka ini dibuat dengan tema olimpiade. Tampak boneka itu duduk berangkulan sambil salah satunya membawa bendera bertuliskan London 2012. Ceritanya, boneka itu sedang duduk di pinggir dermaga Saltburn, dekat Teesside.

Tinggalkan komentar