Cara Penelitian yang Harus Dilakukan untuk Menulis Karya Ilmiah Tentang Pendidikan

Karya ilmiah merupakan laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil atau pengkajian yang dilakukan oleh seorang atau sebuah tim dengan memenui aturan kaidah serta etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya setelah dia melalui pengajaran, pelatihan dan juga penelitian.

Dalam hal ini karya ilmiah tentang pendidikan adalah yang dimaksudkan adalah penelitian yang dilakukan dalam lingkup dunia pendidikan seperti penelitian di dalam kelas, atau metode pengajaran yang mungkin akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif serta lebih optimal.

Dalam penelitian banyak sekali yang harus diperhatikan dan juga dilakukan oleh peneliti sekalipun dalam pendidikan. Anggapan penelitian bukan saja membayangkan kesibukan di dalam laboratorium saja. Bisa juga disebutkan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan monopoli para ahli ilmu di bidang apapun.

ydbp.ui.ac.id
ydbp.ui.ac.id

Ini dicontohkan dalam penelitian pendidikan adalah ketika seorang guru mempunyai tugas mendidik dan mengajar. Ia membantu anak didiknya. Ia selalu berusaha agar anak didiknya memperoleh hasil yang memuaskan. Usaha yang dilakukan seorang guru di kelas pun bermacam-macam seperti motivasi belajar yang banyak dan juga dorongan.

Ia juga akan mengganti metode untuk pembelajaran dengan anak didiknya ataupun menambah alat peraga demi hasil maksimal. Penelitian juga bisa ditinjau dengan bagaimana cara melakukannya. Secara garis besar bahwa penelitian dilakukan dari yang sifatnya pasif sampai dengan penelitian yang sifatnya menuntut peneliti untuk melakukan sesuatu.

Dan dari tinjauan tersebut keluar 3 cara penelitian yang dilakukan yaitu operation research, description research, dan juga experimen research.

Ada beberapa persyaratan penting dalam penelitian yaitu sistematis, berencana dan juga mengikuti konsep ilmiah.

  • Sistematis. Artinya adalah dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan juga efisien.
  • Berencana. Artinya dilaksanakan dengan adanya unsur yang dipikirkan dengan langkah-langkah pelaksanaanya.
  • Mengikuti konsep Ilmiah. Artinya mulai dari awal hingga akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditetapkan dan ditentukan yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Dalam membuat karya ilmiah pendidikan, yang paling penting adalah semangat pantang menyerah. Kamu pasti bisa.

Tinggalkan komentar