Kumpulan Kata-Kata Semangat Penuh Motivasi

KATA-KATA SEMANGAT – Dalam menjalani kehidupan, pastinya kita tidak selamanya berada dalam kondisi yang menyenangkan. Adakalanya kita terjatuh dan ada kalanya kita juga harus bangkit kembali untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Tapi terkadang banyak dari kita saat tengah mengalami cobaan yang berat, seakan-akan dunia berakhir pada saat itu juga. Padahal apabila kita tahu, salah satu ujian yang ada adalah semata-mata untuk menaikkan derajat kita di mata Sang Pencipta.

Nah bagi kalian yang mungkin saat ini sedang bersedih atau sedang dalam posisi di bawah, mungkin beberapa kata-kata semangat yang akan kami berikan ini setidaknya bisa mengembalikan semangat yang kalian miliki. Namun hal yang paling penting dari semua ini adalah kemauan diri untuk kembali bangkit dari kesedihan.

Memulai Hari Dengan Senyuman

 

awali hari dengan tersenyum
tubgit.com

 “Mulailah setiap hari dengan senyuman dan akhiri dengan senyuman” . (C. Field)

Jadi makna yang terkandung dari kata-kata motivasi di atas menjelaskan bahwa sebaiknya kita itu memulai hari dengan sebuah senyuman dan mengakhiri hari juga dengan senyuman. Adapun manfaat dari tersenyum sendiri bisa membuat kita lebih bahagia dalam mensyukuri nikmat, selain itu dengan kita bersenyum maka pastinya kita juga akan lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Akan Ada Hasil Dari Sebuah Perjuangan

 

hasil dari sebuah usaha
wordsout.co.uk

“Usaha akan membuahkan hasil setelah seseorang tidak menyerah”. (Napolen Hill)

Terkadang kita merasa lelah dan putus asa akan sebuah hasil yang tidak kunjung terlihat meskipun sudah melakukan berbagai macam usaha. Padahal apabila kita meyakininya, saat kita memutuskan menyerah bisa jadi saat itu kita sudah sangat dekat dengan keberhasilan. Untuk itu kata-kata motivasi seperti di atas diharapkan bisa menggugah kembali semangat dan meyakini bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati sebuah usaha.

Masa Depanmu Ditentukan Sekarang

 

masa depanmu ditentukan sekarang
caramudahbelajarbahasainggris.net

“Masa depanmu ditentukan dari apa yang kamu lakukan sekarang, bukan yang kemarin”

Apabila kita ingin menatap masa depan yang lebih baik, maka mulai dari sekarang kita harus melakukan hal-hal yang berguna yang bisa mengantarkan kita pada puncak kesuksesan. Jadi bukan malah sibuk membicarakan kesuksesan kita di masa lalu sementara saat ini kita tidak melakukan apa-apa.

Dengan Keyakinan Kita Mampu Melakukan Semua Hal

 

yakin melakukan semua hal
http://wagsredefined.com

Ada kata bijak mengatakan :

“Dengan keyakinan kita dapat memindahkan gunung, akan tetapi tanpa persiapan kita dapat tersandung oleh kerikil”

Maksudnya apabila kita mempunyai sebuah keyakinan yang kuat akan suatu hal, maka dengan ijin Tuhan semuanya pasti bisa didapatkan. Akan tetapi semua itu harus dibarengi dengan sebuah persiapan yang matang. Jangan sampai kita hanya memiliki keyakinan namun tanpa melakukan persiapan sama sekali.

Hadapi Rintangan Untuk Mencapai Kesuksesan

 

hadapi rintangan
euroscientist.com

“Semua orang akan menghadapi rintangan, termasuk mereka yang sudah sukses saat ini. Bedanya, orang yang sukses mampu mengatasi semua rintangan”

Jadi satu hal yang membedakan orang sukses dan orang yang gagal. Jika orang sukses mereka memiliki semangat untuk menghadapi semua rintangan, sementara orang gagal adalah mereka yang menyerah saat mendapati rintangan.

Kita Pasti Mampu

 

pasti mampu menghadapi apapun
sipenyuluh.blogspot.com

“Jangan dulu mengatakan tidak mampu sebelum anda berusaha menjadikan diri anda mampu”

Mungkin kita sering mengatakan tidak mampu, padahal kita sendiri belum mencobanya. Nah, kebiasaan seperti itu sebaiknya tidak kita lakukan karena bagaimanapun juga mampu atau tidaknya seseorang akan terlihat jika mereka sudah berusaha semaksimal mungkin.

Selain itu dengan kita berusaha untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik, maka bukan tidak mungkin lagi kita mampu melakukan banyak hal.

Berani Mengakui Kesalahan

 

berani mengakui kesalahan
zetizen.com

Berani Akui Kesalahan Diri dan Siap Lakukan Perbaikan

Bersikaplah sebagai ksatria dalam menghadapi berbagai masalah, sesulit apapun itu. Bersembunyi dibalik masalah hanyalah menjadikan kita sebagai pengecut yang selalu kalah dalam berperang melawan kehidupan.

Akuilah kesalahan-kesalahan yang telah lalu, taubat belum terlambat. Ada Ulama’ Salafus Shalih mengatakan: “Taubat dari dosa itu wajib hukumnya, tapi yang lebih wajib lagi adalah menjauhi dosa”.

Berani mengakui kesalahan diri dan siap melakukan perbaikan bisa juga disebut sebagai taubat. Taubat artinya kembali ketujuan awal, kembali ke orientasi hakiki, kembali kejalan yang telah digariskan kepada kita. Yaitu kita lahir dalam keadaan fitrah yang suci. Maka taubat adalah kembali menuju fitrah yang suci.

Orang yang kembali adalah seorang pemberani. Berani mengakui kesalahan, berani melakukan perubahan, berani merintis kebaikan, dan berani memelopori kesuksesan diri. Sebagaimana sabda nabi: “Setiap anak Adam pasti memiliki salah, dan sebaik-baik yang bersalah adalah yang mau bertaubat”.

Setelah mengakui kesalahan diri, bersiaplah untuk melakukan perubahan dan perbaikan. Jangan menunda-nunda amal baik lagi. Karena dalam setiap waktu pasti ada kewajiban dan tanggungan yang harus diselesaikan.

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkal lah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadanya”.(QS. Ali Imran: 159)

Kebanyakan penyakit manusia pada umunya adalah menunda amal. Mulailah berkomitmen dari sekarang. Sebelum layar berkembang pantang surut dan sebelum mencapai puncak pendakian pantang turun.

Jika lemah semangat menghampirimu, lakukanlah kreasi dengan mencari reaksi untuk merubah mood dalam dirimu.

Seseorang bisa tertawa karena adanya suatu reaksi berupa melakukan atau merasakan hal-hal yang menyenangkan, sesorang yang menangis pun sama, dia menangis karena adanya reaksi berupa mearasakan atau melakukan hal-hal yang membuatnya terluka.

Maka carilah reaksi untuk membuat semangat. Misalnya dengan menonton film motivasi, hal ini akan membangkitkan semangatmu yang lemah. Berkumpul dengan orang-orang pandai, hal ini juga akan menarik dan memacu semangat kita untuk bisa seperti mereka.

Mulailah dengarkan musik-musik yang memacu semangat, misalnya musik beraliran rock, metal, atau pop yang bergenre tinggi. Karena hal ini berkaitan dengan psikologi yang dapat membuat kita lebih semangat dan memacu kinerja kita lebih cekatan.

Intinya, lakukanlah sesuatu maka kamu akan mendapatkan reaksi.

Jadilah Orang yang Berprinsip

 

kata-kata-semngat

“Aku ridho Allah sebagai Tuhanku, Muhammad sebagai Nabiku, dan Islam sebagai Agamaku”

Itulah prinsip yang harus dipegang oleh setiap umat muslim di dunia. Jika kita lihat berita di TV, banyak sekali kasus-kasus yang memprihatinkan. Ada seorang siswi SMP yang dipaksa melayani nafsu bejat gurunya sendiri, dengan ancaman jika tidak mau tidak akan diberi nilai/tidak dinaikkan kelas.

Sebenarnya banyak kasus serupa dengan menggunakan modus yang sama, yaitu ANCAMAN, kebanyakan dari mereka menjadi korban karena takut dengan ancaman-ancaman yang sebenarnya tidak mengancam. Mereka takut dengan ancamannya karena tidak berprinsip, atau berprinsip tapi keliru.

Marilah berprinsip yang benar, keluar dari segala ancaman yang menekan kita,

“Biarlah aku tidak naik kelas asalkan Allah masih menjadi Tuhanku, Muhammad Masih menjadi Nabiku, dan Islam masih menjadi Agamaku”.

“Biarlah aku tidak lulus sekolah, asalkan Allah masih menjadi Tuhanku, Muhammad masih menjadi Nabiku, dan Islam masih menjadi Agamaku”.

“Seberapa besar ancamanmu padaku aku tidak takut, selagi Allah masih menjadi Tuhanku, Muhammad masih menjadi Nabiku, dan Islam masih menjadi Agamaku”.

Dengan menanamkan prinsip tersebut, kita akan menjadi manusia yang tak terkalahkan. Cukup tiga prinsip itu yang menjadi sandaran kita dalam kehidupan, bahkan kita perlu mempertaruhkan  nyawa jika ada yang mengancam tiga prinsip tersebut, bukan justru mengalah dan menyerahkan.

Jadilah Dirimu Sendiri

 

www.pexels.com
www.pexels.com

“Keistimewaan dari sebuah kehidupan adalah menjadi dirimu sendiri” (Joseph Campbell)

Apakah anda pernah kehilangan jati diri anda yang sesungguhnya? Biasanya saat kita berada pada lingkungan baru, kita akan berusaha menjadi orang yang berbeda supaya orang lain menyukai kita. Padahal dengan berusaha menjadi orang lain akan membuat kita tidak bisa menikmati hidup sehingga keistimewaan dari sebuah kehidupan akan hilang, seperti yang dikatakan oleh Joseph Campbell.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa menjadi diri sendiri? Salah satu penyebab yang paling banyak terjadi adalah karena kita membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Dengan begitu kita berusaha untuk menjadi seperti atau lebih baik dari orang sehingga kita tidak menjadi diri sendiri. Padahal setiap orang mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tingkatkan kelebihan yang anda miliki dan jadilah diri anda sendiri.

Orang Sukses Selalu Belajar dan Mencoba

 

www.pexels.com
www.pexels.com

“Orang sukses akan mengambil keuntungan dari kesalahan dan mencoba lagi dengan cara yang berbeda” (Dale Carnegie)

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kegagalan adalah sebuah keuntungan. Saat kita gagal, berarti kita telah diberi waktu untuk belajar.

Saat kita gagal melakukan sesuatu melalui sebuah cara, maka cari cara yang berbeda untuk mencapai keberhasilan, apabila belum sukses maka gunakan cara lain lagi sampai anda mencapai keberhasilan tersebut.

Ingatlah kata-kata berikut ini

“Kegilaan: Melakukan hal yang sama secara terus-menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda” (Albert Einstein)

Tidak ada di antara kita yang ingin disebut orang gila, namun kita secara tidak sadar melakukan hal yang sama secara terus menerus dan mengharapkan hasil yang berbeda. Apabila anda ingin hasil yang berbeda maka gunakan pula cara yang berbeda.

Waktu Tidak Akan Menunggu Anda

 

waktu tidak akan menunggumu
erpitawulandari.wordpress.com

“Anda mungkin bisa menunda, tapi waktu tidak akan bisa menunggu” (Benjamin Franklin)

Salah satu ciri dari orang sukses adalah selalu ingin untuk terus bergerak karena mereka tahu bahwa waktu juga terus bergerak dan menunggu akan menjadi pekerjaan yang sia-sia.

Seperti prinsip yang dimiliki oleh orang Jepang, menunda pekerjaan sama saja dengan menambah pekerjaan. Karena menunda pekerjaan akan membuat waktu yang ada terbuang dan batas waktu dari pekerjaan tersebut semakin sedikit. Itulah sebabnya menunda pekerjaan sama saja menambah pekerjaan

Inovasi Itu Pergerakan

 

inovasi adalah pergerakan
findonews.com

“Inovasi adalah pergerakan yang sangat cepat” (Bill Gates)

Tidak cukup apabila kita hanya bergerak saja dalam hidup ini. Kita juga harus mengukur pergerakan apa yang kita lakukan. Dengan inovasi, berarti kita bergerak cepat sehingga orang lain akan sulit mengejar kita.

Dalam sebuah perusahaan pun harus ada inovasi walaupun perusahaan itu sudah menjadi besar. Pelanggan selalu menunggu inovasi dari perusahaan-perusahaan yang diikutinya. Tanpa inovasi, sebuah perusahaan akan terlihat monoton dan satu-persatu pelanggan akan pindah ke produk dari perusahaan lain.

Sudah banyak sekali contoh perusahaan besar, bahkan bisa dibilang sangat besar menjadi hancur karena tidak adanya inovasi pada produk-produk yang mereka miliki. Mereka tidak mengikuti perkembangan yang ada pada perilaku konsumen dan tetap percaya bahwa produk mereka akan tetap banyak dicari. Alhasil, yang terjadi pada mereka adalah sebuah kehancuran.

Contohnya adalah salah satu perusahaan yang dulu menjadi perusahaan yang sangat besar bahkan menguasai pasar ponsel di seluruh dunia. Ya, perusahaan tersebut adalah Nokia. Dulu, orang tidak dikatakan keren apabila tidak menggunakan nokia. Namun sekarang  justru sebaliknya, orang yang menggunakan ponsel Nokia tidak lagi dianggap keren bahkan mungkin sudah dianggap ketinggalan jaman.

Bersenang-Senanglah Dalam Pekerjaan Anda

 

bersenang dalam pekerjaan
tv14.my

“Kesenangan dalam sebuah pekerjaan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai”, Aristoteles.

Bagi kalian sang pejuang hidup, bersemangatlah dalam mengerjakan tugasmu  hari ini. Abaikan segala macam ucapan negative tentang anda, kesuksesan anda tidak bergantung di tangan orang lain.

Fokus dan berbahagialah dalam perkerjaan kalian. Hanya dengan berbahagia, kalian akan mendapatkan hasil yang kalian impikan.  Disaat kita senang dengan perkerjaan kita, kita tidak akan merasakan itu sebagai beban dan akan dengan mudah dan sempurna kita keselesaikan.

Berfokus Pada Tujuan

 

bekerja dengan tulus
albalum.wordpress.com

“Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku”, Muhammad Ali.

Satu hal yang perlu kalian pastikan, jangan sampai hari ini hanya mengalir tanpa tahu apa tujuan kalian hari ini. Tanpa tujuan, hari kalian hanya akan menjadi sia-sia dan tidak terkontrol. Kalian harus memiliki tujuan untuk mengontrol apa yang akan kalian lakukan setiap harinya.

Lakukan setiap tugas atau hal yang kalian lakukan dengan kebahagiaan. Fokus, bertekad dan berdoa agar segala yang kalian lakukan diperlancar dan dimudahkan. Fokus pada tujuan dan jangan mudah terganggu dengan hal-hal yang tidak penting.

Buat Setiap Hari Bermakna

 

buat setiap hari bermakna
huffpost.com

“Anda harus melalui hari ini dengan irama. Biarkan seluruh kehidupanmu berirama seperti lagu”,  Sai Baba

Disaat kalian telah menetapkan tujuan hari ini, yakinlah untuk menikmatinya. Segalanya pasti akan menjadi baik dan bermakna. Jalani hidup layaknya irama lagu yang kalian nikmat. Tekadang banyak hal yang mengganggu atau tidak bersahabat, namu yakinlah hal tersebut merupakan bagian dari irama yang harus kalian nikmati.

Hidup akan lebih bermakna ketika kalian mengalamai banyak hal. Jangan pernah mengeluh, karena segala hal pasti ada hikmahnya dan pasti baik bagi kalian.

Jangan Pernah Berkata “Mungkin”

 

jangan berkata mungkin
deviantart.net

“Saya tidak berbicara dengan kata mungkin”, Abdurahman Wahid

Pesrsiapkan harimu dan Janganlah mulai hari dengan keraguan. Jangan katakan mungkin namun ganti dengan saya bisa melakukannya. Kata mungkin merupakan tanda ketidakyakinan, mulailah hari dengan sugesti diri penuh keyakinan dengan mengatakan “Aku Bisa”.

Disaat kita telah merasa yakin dan optimis, maka segala macam haling rintangan akan kita hadapi hingga kita bisa menyelesaikannya. Namun apabila kita sudah pesimis dari awal, segala macam tantangan akan menjadi alasan kegagalan.

Lakukan Dan Bekerjalah Dengan Ketulusan

 

bekerja dengan tulus
afif1.wordpress.com

“Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia”, Chanakya

Kesalahan dan kegagalan adalah sebuah hal yang wajar. Dengan hal tersebut, kita akan belajar dan menjadi lebih baik. Ambil pelajaran dari kesalahan dan kegagalan yang kalian lakukan, dan lakukan hal yang lebih baik.

Disaat kita belajar dari kesalahan, tanpa sengaja hal tersebut akan membentuk diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, bekerja bukan hanya untuk hal materi, namun untuk kebahagiaan . Disaat kita dapat belajar  menjadi lebih baik dan melakukan kesenangan dala perkerjaan, tentu itu merupakan kebahagiaan yang harus kalian syukuri

Kesempatan Muncul Dalam Tantangan

 

hadapi tantangan
rudylim.com

“Kesempatan untuk menemukan kekuatan yang lebih baik dalam diri kita muncul ketika hidup terlihat sangat menantang“, Joseph Campbell

Disaat kalian berada dalam masalah atau tantangan, janganlah mengeluh dan putus asa! Carilah jalan keluar dan jadikan tantangan tersebut sebagai tahapan untuk membuktikan diri dan belajar.  Disaat kita berhasil menaklukan tantangan yang belum pernah kalian lakukan, maka itu akan menjadi guru terbaik dalam peningkatan diri kalian.

Tinggalkan komentar