Cara Membuat Kata Pengantar Laporan Beserta Pengertiannya

Kata pengantar laporan – Dalam sebuah laporan pasti ada sebuah bagian yang tidak boleh untuk dilewatkan yakni adalah kata pengantar, karena tanpa adanya kata pengantar sebuah laporan dianggap kurang lengkap dan kuarng sopan dalam sebuah laporan. Bahkan tidak hanya laporan namun juga karya ilmiah yang lainnya.

Kata pengantar? mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat kata pengatar laporan yang baik dan benar. Jangankan membuat kata pengantar mungkin pengertian dari kata pengantar juga masih ada yang belum tahu? maka dari itu sangat tepat sekali Anda berada disini karena kami akan membahas tuntas mengenai kata pengantar laporan.

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah sebuah tulisan ynag mengunggkapkan sepatah atau dua kata dari penulis tentang karya yang sudah ditulis entah itu berbentu laporan, makalah, skripsi, atau karya tulis ilmiah yang di buat. sedangkan kata pengantar dari sebuah laporan yang baik dan benar adalah kata pengantar yang mencakup dengan detail dari keseluruhan laporan tersebut.

kata pengantar laporan
contoh kata pengantar

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi sebagai pengantar pembaca untuk menunjukkan isi atau uraian-uraian dari sebuah karya ilmiah tersebut seperti karya ilmiah laporan, makalah, skripsi dan lain-lain. Nah melihat dari pengertian kata pengantar tersebut, jadi kata pengantar tidak hanya berisi tentang ucapan terima kasih kepada Allah SWT dan di ikuti dengan penulisan makalah serta permohonan maaf terhadap kelemahan karya ilmiah yang dibuat.

Tidak hanya itu, kata penganntar juga bisa membuat orang terdorong untuk membaca sebuah karya ilmiah tersebut, karena akata pengantar memiliki isi atau sebagai agamabaran umum dari sebuah karya ilmiah tersebut. Makanya kita harus membuat kata pengantar yang bagus, baik dan benar agar orang yang membaca kata pengantar yang kita buat jadi lebih minat untuk membacanya.

Bagaimana Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik dan Benar?

cara membuat kata pengantar
kata pengantar yang baik dan benar

Nah dalam kesempatan ini, kiat akan membahas tentang cara membuat kata pengantar yang baik dan benar untuk sebuah laporan.

1. Puji Syukur Kepada Allah SWT

Kata pengantar yang baik dan benar yakni diawali dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yaitu tuhan semsta alam. untuk lebih jelahnya silahkan lihat contoh berikut ini.

Contoh:

Puji syukur kepada Allah SWT Tuhan Semesta Alam, berkat rahmat-Nya sehingga laporan ini bisa terselesaikan dengan baik dan lancar, dan tidak lupa ucapan terima kasih kepada yang telah ikut serta dalam membantu proses pembuatan laporan dengan sukses.

2. Gambaran Isi Laporan

Kemudian dalam paragraf yang terdapat pada bagian ini, memiliki pembahasan mengenai sedikit gambaran tentang isi yang akan dijelaskan nantinya dalam sebuah laporan. Tiidak hanya itu dalam bagian ini juga bisa dituliskan tentang tujuan dari laporan tersebut.

3. Kata Pengantar di Akhir Paragraf

Kata pengantar bagian akhir ini, biasanya berisi tentang permohonan maaf terhadap kekurangan atau kelemahan yang terdapat dalam laporan tersebut, kemudian harapan penulis yang disampaikan kepada pembaca, serta juga bisa ditambahkan lagi dengan doa agar laporan tersebut menjadi laporan yang baik dan benar.

Contoh Kata Pengantar

contoh kata pengantar
kata pengantar

Nah, mungkin sementara itu dulu pembahasan kita tentang kata pengantar laporan, semoga dengan adanya artikel ini Anda bisa mengetahui bagaimana kata pengantar yang baik dan benar serta cara membuatnya. Semoga Anda bisa membuat kata pengantar yang lebih baik dan benar.

Harapan penulis, Anda bisa mengambil manfaat yang sangat mudah dalam artikel ini, dan intinya Anda yang berkunjung memperoleh sesuai dengan informasi yang sedang Anda butuhkan.

Terima Kasih..

 

 

 

Tinggalkan komentar