Mengetahui Keistimewaan dan Keunikan Kayu Cendana

Banyak orang yang mengatakan bahwa kayu cendana adalah jenis kayu yang sangat unik dan mempunyai keistimewaan tersendiri. Yang banyak orang pikirkan tersebut memang tidak salah, kayu cendana mempunyai tekstur dan guratan yang sangat indah. Selain itu kayu cendana juga mempunyai aroma khas yang harum, keharuman kayu cendana tidak dapat didapat di semua jenis kayu. Hanya kayu gaharu saja yang bisa menandingi aroma dari kayu cendana.

Dengan keunikan dan keistimewaan tersebut membuat harga dari kayu cendana terus merangkak naik baik pada pasar local maupun pasar internasional. Di Indonesia, kayu cendana dapat ditemui di beberapa daerah. Daerah yang merupakan penghasil utama kayu cendana adalah Jawa Timur, Flores dan Nusa Tenggara Timur. Dari semua tempat yang menjadi pusat penghasil kayu cendana tersebut, Nusa Tenggara Timur sebagai tempat dengan produksi terbanyak.

http://primaradio.co.id/
http://primaradio.co.id/

Kayu cendana ini berasal dari salah satu pulau di NTT dan pulau tersebut diberi nama Sandalwood Island. Kayu cendana juga bisa didapatkan di Negara India, bahkan banyak yang mengatakan jika kayu cendana asal India lebih bagus kualitasnya dari Indonesia. Namun kualitas kayu cendana Indonesia tidak kalah kok, buktinya kayu cendana di Indonesia malah sudah masuk pasar ekspor dunia.

Kayu cendana mempunyai ciri – ciri yang khas dengan warna kayu berwarna kuning, namun ada beberapa jenis yang juga berwarna coklat. Tekstur kayu cendana sangatlah halus, hal ini terlihat karena seratnya biasanya berbentuk lurus. Ada juga bentuk serat bergelombang bahkan bersatu, namun cukup jarang ditemui kayu cendan yang seperti itu.

Untuk berat jenis rata – rata kayu cendana sebesar 0,84, kayu cendana ini termasuk kayu yang cukup awet dengan kekuatan kayu masuk kategori sedang. Kayu cendana sangat sulit sekali menyusut ataupun berubah bentuknya meskipun terkena cuaca yang ekstrim. Kayu cendana ini sangat sulit patah atau retak, karena itu pembuatan perabot menggunakan kayu cendana membutuhkan usaha dan waktu yang lebih banyak dari kayu biasa.

Meskipun pengolahannya sulit, kayu cendana tetap menjadi favorit para pecinta perabot kayu. Kayu yang harus dan juga serat yang sangat bersih selalu terlihat mempesona daripada kayu yang lain.

 

Tinggalkan komentar