Kayu Gaharu, Kayu yang Bagian Kecilnya Bernilai Ratusan Juta

Kayu gaharu adalah kayu dengan warna hitam yang banyak mengandung resin khas dari genus Aquilaria. Resin pada pohon ini sering digunakan untuk menjadi salah satu racikan parfum karena bau resin yang sangat harum. Bahkan sejak tahun 2000, resin dari kayu gaharu sudah mulai diekspor keluar Indonesia.

Tahuka kamu bahwa saat ini harga kayu gaharu sangatlah mahal? Mahalnya harga kayu ini dikarenakan tingkat kelangkaan kayu gaharu semakin meningkat. Kelangkaan ini disebabkan oleh banyaknya perburuan liar pada jenis kayu gaharu, perburuan tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan akan kayu gaharu yang mempunyai banyak sekali manfaat.

Baca juga keindahan dan keunikan flora Indonesia.

www.youtube.com
www.youtube.com

Manfaat yang terlihat selain getahnya sebagai bahan baku parfum adalah kayunya dijadikan untuk aksesoris, aromanya bisa digunakan untuk terapi penyakit dengan fungsi antri depresan dan yang terakhir aroma yang diciptakan dari kayu ini bisa dijadikan aroma terapi ruangan.

Pohon gaharu mampu tumbuh menjulang tinggi sampai ketinggian puluhan meter. Diameter kambium pohon gaharu ini berkisar antara 40 cm sampai 60 cm. Kayu gaharu yang sudah berumur biasanya menghasilkan resin. Resin pada kayu ini muncul ketika kayu sudah berusia lebih dari 25 tahun. Pada umur ini kayu gaharu akan mulai dihinggapi bakteri berjenis fusarium sp, resin dari bakteri inilah yang mempunyai harga jual sangat tinggi.

Berikut alasan mengapa kayu gaharu adalah kayu palng mahal di dunia.

25 tahun memang bukan waktu yang singkat, apalagi untuk memenuhi permintaan resin yang terus meningkat. Dijaman yang serba maju ini, resin dari kayu gaharu sudah dapat didapatkan dengan waktu lebih singkat, yaitu kurang dari 10 tahun. Pada usia pohon gaharu kurang lebih 5 tahun, pada pohon tersebut disuntikkan mikroba fusarium sp.

lubay-lubay.blogspot.com
lubay-lubay.blogspot.com

Kualitas resin yang dihasilkan kayu gaharu bisa dipisah – pisah menurut dengan kualitasnya. Ada kualitas resin yang super, biasa dan juga buruk. Ciri – ciri resin kayu dengan kualitas super adalah warna hitam, wangi dan aroma yang kuat. Untuk resin kualitas super AB berciri hitam kecoklatan, cukup wangi dan aroma yang kuat. Resin kualitas sabah super mempunyai ciri hitam kecoklatan, aroma dan wangi yang cukup berkurang dari kualitas diatasnya.

Memang pohon gaharu sangatlah berharga, namun sebagai penerus bangsa sebaiknya kita terus melestarikan pohon dan kayu gaharu. Jaga agar tetap lestari dan bisa dinikmati oleh keturunan kita.

Baca juga keunikan dan keistimewaan kayu cendana.

 

Tinggalkan komentar