Keajaiban Kayu Stigi yang Baiknya Anda Ketahui

Kayu Stigi adalah kayu yang banyak masyarakat kenal sebagai kayu dengan kekuatan magis. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menjulukinya sebagai Raja Kayu bertuah. Kayu stigi ini mempunyai ciri – ciri keras, kuat dan juga dinamis. Kayu stigi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu stigi laut dan stigi darat.

Baca juga manfaat pohon pinus bagi kesehatan tubuh.

Pohon stigi laut tumbuh dengan baik di daerah pantai, warna dari pohon ini adalah coklat tua. Ada keanehan terdapat pada pohon ini yaitu setiap kayu dari pohon stigi laut ini, apabila disentuh dengan tangan, warna kayunya akan semakin tua dan menghitam. Pohon stigi yang masih muda mempunyai warna kayu putih kekuningan, namun seiring umur pohon bertambah maka akan berubah menjadi coklat tua.

www.goeboegtasbeh.com
www.goeboegtasbeh.com

Saudara dari stigi laut adalah stigi darat, warna dari stigi darat ini lebih gelap dan akan semakin gelap jika dihimpit oleh benda – benda keras. Stigi darat mempunyai tekstur yang lebih kasar dengan pola warna yang tidak merata. Biasanya stigi darat hidup didaratan yang tandus dan berbatu, karena habitatnya yang keras dan terus diburu maka stigi darat lebih langka daripada stigi laut.

Baca juga keindahan dan keajaiban pohon cemara.

Stigi darat saat ini masih dapat ditemui di pulau Bengkoang dan pulau Kembar yang terletak di gugusan kepulauan Karimun Jawa, Jepara. Bahkan sampai saat ini Jepara masih menjadi penghasil stigi terbaik di Indonesia.

pariwisatatolitoli.blogspot.com
pariwisatatolitoli.blogspot.com

Baik stigi darat dan stigi laut mempunyai ciri – ciri kayu yang akan tenggelam jika dimasukkan kedalam air. Meskipun dalam ukuran yang sangat kecil, kayu stigi akan tetap tenggelam sampai dasar. Bahkan jika ditenggelamkan di air laut, kayu penuh mistis ini tetap tenggelam. Kayu stigi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis racun, salah satunya adalah racun bisa ular.

Jika sesorang tergigit ular, bekas gigitan ular tersebut ditempelkan kayu stigi dan kayu bertuah tersebut akan menghisap segala bisa dan racun ular sampai habis. Setelah bisa ular tersebut tersedot seluruhnya, kayu stigi yang ditempelkan akan lepas dengan sendirinya.

Kayu stigi ini dipercaya akan menjadi pelindung dan pembangkit kekuatan spiritual jika dipegang oleh orang – orang dengan kelakuan baik. Apakah kamu salah satu orang yang percaya dengan khasiat dari kayu stigi? Demikian informasi dari kayu stigi, semoga dapat bermanfaat.

Bagi yang ingin menambah wawasan mengenai keindahan tetumbuhan Indonesia maka bisa membacanya di kumpulan artikel flora.

 

 

Tinggalkan komentar