Jangan Sampai Kebiasaan Mandi yang Salah Ini Kamu Teruskan

Jelas mandi itu sangatlah berguna. Di samping bisa menghilangkan bau badan, juga membuat tubuh jadi segar. Tapi mungkin kamu tidak mengira kalau ada beberapa kebiasaan mandi yang salah. Ya, mungkin selama ini kamu sudah sering melakukannya, tapi ternyata kebiasaan itu tidak bagus untuk diteruskan.

Nih simak apa saja kebiasaan mandi yang salah dan sebaiknya kamu hentikan dari sekarang.

 

Mandi Terlalu Lama

mandi
femmeactuelle.fr

Berapa lama kamu kalau mandi? 20 menit atau 30 menit? Pasti orang serumah yang hendak masuk kamar mandi bakal menggerutu saat kamu mandi.

Ya, tapi bukan hanya itu saja alasannya. mandi yang lama juga tidak bagus ditinjau dari sisi kesehatan. Sebab mandi yang lama bisa membuat kulit jadi kering. Untuk itulah sebaiknya tak perlu lama-lama kalau mandi. Durasi 5 sampai 10 menit rasanya cukuplah untuk membuat seluruh tubuhmu bersih.

Mandi dengan Air Panas

gucimegaindah.com
gucimegaindah.com

Memang rasanya segar sih setelah mandi air panas atau hangat. Karena itu mungkin kamu sering melakukannya. Tapi menurut Dokter Cynthia Bailey, sebaiknya hal ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Sebab dikhawatirkan membuat kulit jadi kering. Sebab air panas yang menimpa tubuh membuat minyak tubuh pun hilang. Selain itu, kata dokter kulit tersebut, air panas bisa mmebuat warna kulit jadi kemerahan. Dan itu bsa menjadi sebab
timbulnya gatal.

Nah, jadi kalau tipe kulitmu kering, mulai sekarang hindari kebiasaan mandi air panas atau hangat. Lebih baik mandi air dingin saja ya…

Menyabuni Seluruh Bagian Tubuh

femmeactuelle.fr
femmeactuelle.fr

Hayo kamu pasti melakukannya juga kan? Yap, ini kesalahan yang banyak dilakukan orang. Maklum saja, namanya mandi pasti ingin bersih sekujur badan. Karena itulah kemudian seluruh badan disabuni biar bersih.

Padahal ternyata tidak seluruh badan perlu disabuni. Cukup bagian-bagian tertentu saja yaitu ketiak, pantat, paha, telapak kaki dan wajah. Kamu mau tahu alasannya? Sebab pada bagian tersebut tempat bersarangnya bau badan dan minyak. Jadi dengan menyabuni bagian tersebut, minyak dan kotoran dapat disingkirkan. Sedang untuk bagian tubuh lainnya yang tidak banyak menghasilkan minyak, cukup dibersihkan dengan air saja.

Keramas Tiap Hari

businessinsider.com
businessinsider.com

Ini kebiasaan yang sebaiknya juga perlu kamu hindari. Terutama buat kamu yang punya rambut tipis dan halus. Yang diperlukan adalah hanya keramas dua kali seminggu. Jadi tidak perlu tiap hari. Gunanya untuk mempertahankan supaya produksi minyak alami tetap seimbang. Dengan begitu, rambutmu akan tetap sehat
menawan.

Sedang kalau tipe rambutmu itu kasar, bisa lebih lama lagi waktu yang diperlukan untuk membuat minyak alami jadi seimbang. Jadi kamu cukup keramas misalnya seminggu sekali. Itu sudah memadai untuk perawatan rambutmu.

Memakai Shampoo yang Sama Terus-Menerus

newshub.id
newshub.id

Meski kamu mungkin sudah merasa cocok saat memakai suatu produk shampoo, tapi sebaiknya kamu perlu melakukan perubahan. Mengapa? Ya karena umur kita bertambah, begitupun dengan kondisi rambut juga mengalami perubahan baik dari segi kepadatan maupun elstisitas. Jadi karena tantangan bagi rambut berbeda, kamu pun perlu menyesuaikan diri dengan menggunakan shampoo yang sesuai.

Memakai Sabun Antibakteri

newshub.id
newshub.id

Ternyata memakai sabun deodoran, sabun antibakteri, atau sabun dengan aroma wangi-wangian, ternyata tidak bagus untuk kelembaban kulitmu. Sebab sabun semacam itu bisa membuat kulit jadi sangat kering. Akibatnya mungkin kulit bisa menjadi gatal dan mudah terkelupas.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari sabun yang mengandung bahan keras, misalnya parabens, wewangian, triclosan, warna sintesis, formaldehida, sodium lauryl sulfate/sodium laureth sulfate. Karena sabun seperti itu justru gampang membuat kulit jadi kering.

Tinggalkan komentar