Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Otakmu Rusak

Kamu sekarang mulai sering salah mengetik, tidak bisa mengetik secara cepat seperti biasanya dan bipikir lebih cepat dari beberapa tahun lalu? Wah, mungkin kamu perlu berhati-hati. Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika hidup kamu penuh dengan rasa frustasi dan stres, dan mengakibatkan banyak tekanan terhadap tubuh kamu.

Kamu juga bisa melakukan upaya untuk menghindari rasa stres dengan cara berolahraga, pergi ke gym, dan tetap berusaha fit. Oh ya, kamu juga harus tau ada beberapa kebiasan yang kelihatannya sederhana namun, sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kamu dan otak dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan aktivitas di bawah ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak kamu ya.

 

Berfikir Keras Pada Saat Sakit

tportal.hr

Menggunakan otakmu secara intek untuk memikirkan pekerjaan atau hal-hal yang kurang penting dan membuatmu stres pada saat dalam kondisi kurang optimal dapat menjadi salah satu penyebabnya. Walaupun kamu merasa baik-baik saja, namun otak kamu akan bekerja lebih pada saat sakit. Membiarkan otak kamu bekerja rodi di tahap yang sensitif ini akan menimbulkan kerusakan sel abu-abu yang ada di otak, bagian ini sangat penting di dalam sistem saraf dan menentukan IQ kamu. Jadi, jika kamu sakit beristirahatlah, fokuskan untuk kesembuhan kamu dulu, rileks.

Melewatkan Sarapan

Sarapan yuk
http://www.luxurystnd.com/

Kamu pasti ingin cepat-cepat untuk beraktivitas di kantor dan melewatkan sarapan di pagi hari, dengan beranggapan bahwa kamu dapat mengisi perut nanti di saat tiba di kampus ataupun kantor. Perlu kamu ketahui, bahwa kebiasaan ini sangatlah berbahay untuk jangka panjang. Nutrisi yang sangat penting yang kamu butuhkan untuk menjalani hari akan berkurang drastis dan akan memaksa tubuh kamu bekerja dalam kondisi malnutrisi. Jika kamu tidak sarapan, maka dapat menurunkan kadar gula di dalam darah, menguras nutrsi penting yang sangat dibutuhkan otak. Dan dikemudian hari, otak kamu akan bekerja lebih lambar dari biasanya.

Makan Secara Berlebihan

student.societyforscience.org

Solusi pada saat kamu melewatkan satu kali makan dalam sehari bukanlah dengan makan secara berlebihan. Makan secara berlebihan akan akan membahayakan otak, karena mengonsumsi makanan lebih dari yang dibutuhkan tubuh dapat membingungkan bagi otak dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan produksi insulin di dalam tubuh. Ketika kamu makan secara berlebihan bukan saja berakhir pada obesitas dan diabetes, namun kamu akan memperkeras arteri yang dapat mempengaruhi fungsi mental kamu di kemudian hari.

Gula Berlebihan

reaganpvo.wordpress.com

Sesuatu yang manis itu emang kelihatan enak, namu perlu kamu sadari manis itu tidak selalu baik. Jika kamu ingin tetap bisa berfikit secara baik, maka kurangilah semua yang manis. Kadar gula tinggi yang kamu konsumsi setiap hari akan berpengaruh buruk pada memori dan kemampuan kamu dalam belajar. Singkatnya, konsumsi gula terlalu banyak dapat menurunkan kecerdasan otak kamu.

Stres

www.upmcmyhealthmatters.com

Semua sudah tahu bahwa ketika seseorang merasa stres itu sangat tidak baik untuk tubuh. Namun, kerusakan terburuk dari stres yaitu langsung menyerang ke otak. Saat seseorang frustasi, ginjal kamu akan memproduksi zat kortisol yang dapat membunuh otak jika diproduksi secara berlebihan.

Jarang Menggunakan Otak

huffpost.com

Otak adalah salah satu organ yang semakin berkembang seiring dengan penggunaannya. Sama halnya dengan tubuh kamu yang butuh olahraga agar otot tetap terbentuk. Jika kamu malas, sudah jelas dapat membuat kamu kurang cerdas.

Tinggalkan komentar