8 Kebiasaan ini Bisa Membuat Pidatomu Memukau Penonton

Seorang pemimpin adalah orang terdepan dalam kelompoknya. Banyak orang percaya, bahwa untuk menjadi ahli dalam public speaking ia harus memiliki kharisma dan menarik.

Namun itu semua tidak selalu benar. Satu hal paling penting adalah ia harus bisa berkomunikasi dengan baik. Penampilanmu akan menjadi sempurna jika kamu bisa menjadi diri sendiri dan pesan yang kamu sampaikan mudah dimengerti oleh orang lain.

Lakukan 8 kebiasaan dibawah ini ketika kamu sedang berbicara kepada orang banyak, penampilanmu akan memukau dan berkesan bagi para pendengarmu.

 

Katakan dengan Sederhana

publicspeakingtraining.ie
publicspeakingtraining.ie

Abraham Lincoln adalah salah satu presiden dengan kemampuan pidato terbaik. Banyak pidatonya yang menjadi pidato terbaik sepanjang sejarah hanya berisi 272 kata. Namun pidato-pidato tersebut mampu menceritakan tentang sejarah masa lalu, masa sekarang dan rencana masa depan dari Amerika Serikat.

Gunakanlah Metafora

www.cfoinnovation.com
www.cfoinnovation.com

Penggunaan analogi yang logis membuat audiens lebih mudah mengerti tentang apa yang kamu katakan. George P. Shultz mantan sekertaris negara Amerika Serikat menjelaskan maksud “too big to fail” dengan menganalogikan jika satu lampu pada pohon natal mati, maka semua lampu akan mati.

Jangan Berlebihan

www.kevinspire.com
www.kevinspire.com

Jangan mengarang untuk melebihkan sesuatu, gunakan data yang akurat untuk menguatkan argumen-argumen yang kamu berikan.

Gunakan Problem/Solution Model

www.howcast.com
www.howcast.com

Definiskan masalah yang sedang terjadi. Berikan solusi terbaiknya dan jelaskan satu persatu langkah untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Jangan Gunakan Kata Sambung Secara Berlebihan

catalog.flatworldknowledge.com
catalog.flatworldknowledge.com

Hindari penggunaan kata sambung yang berlebihan seperti sangat, benar-benar dan lain sebagainya. Gunakan kata ganti yang mudah untuk di telaah. Jangan gunakan kata “sangat tua” lebih baik gunakan kata “kuno”. Hindari penggunaan “benar-benar sangat bagus”, ganti dengan kata “terbaik”.

Rencanakan dengan Matang

www.youtube.com
www.youtube.com

Jangan berperang tanpa strategi. Persiapkan segala hal yang berkaitan dengan pidatomu. Tulis poin-poin yang akan kamu sampaikan. Koreksi poin-poin tersebut dan perbaiki untuk membuatnya menjadi lebih baik. Berlatihlah sehingga kamu menjadi terbiasa. Pikirkan dulu apa yang akan kamu katakan sebelum benar-benar mengatakannya. Persiapan yang matang akan kepercayaan diri kamu bertambah. Kamu akan benar-benar bisa tampil dengan maksimal.

Jangan Terlalu Lama

truthplane.com
truthplane.com

Jangan berbicara terlalu lama, hal ini akan membuat audiens merasa bosan. Ted Sorense, President dari Kennedy’s Speechwriter mengakatakan “Brevity, Levity, and Charity”. Dan pidato berakhir, semua audiens bertepuk tangan. Luar biasa bukan?Penelitian mengatakan bahwa lama waktu yang optimal ketika menyampaikan pidato adalah 18 sampai 20 menit.

Jadilah Lebih Berani dan Menarik

hypnotherapyepsom.com
hypnotherapyepsom.com

Pidato bisa saja sangat membosankan selama 10 detik pertama. Namun jika kamu bisa tampil dengan berani dan menarik, semua audiens akan tertarik dan isi pidato akan mudah diterima.

Tinggalkan komentar