in

Kebijakan Perdagangan Internasional di Bidang Impor

kebijakan perdagangan internasional di bidang impor
kakakpintar.com

KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL РAda beberapa keburukan mengimpor suatu barang. salah satunya yaitu perusahaan dalam negeri yang memproduksi jenis barang yang sama akan gulung tikar karena kalah bersaing dengan barang impor. Untuk itulah, pemerintah harus melindungi atau bertindak untuk mengatasi keburukan itu dengan jalan memberi perlindungan.

Kebijakan Perdagangan Internasional di Bidang Impor

kebijakan perdagangan internasional di bidang impor
kakakpintar.com

Perlindungan itu banyak jenisnya. Pada uraian berikut akan dibahas tindakan atau kebijakan proteksi apa yang dapat diambil untuk mengatasi dampak buruk dari mengimpor barang.

  1. Kuota
    Kuota merupakan jumlah yang ditetapkan untuk suatu kegiatan dalam satu masa atau suatu waktu tertentu. Jadi, kuota dalam impor adalah total jumlah barang yang dapat diimpor dalam masa tertentu. Jumlah itu diperkirakan tidak mengganggu industri dalam negeri. Ketika diberlakukan perdagangan bebas, kuota tidak dapat dipakai lagi karena dapat menghambat perdagangan internasional.
  2. Tarif
    Kebijakan tarif diambil pemerintah dengan menetapkan tarif tinggi untuk mengimpor suatu jenis barang. Dengan pengenaan tarif ini, harga barang impor menjadi mahal, sehingga barang sejenis yang diproduksi di dalam negeri akan memiliki daya saing dan dibeli konsumen. Penganut perdagangan bebas mengenakan tarif yang rendah atas barang-barang impor. Sebaliknya, negara proteksionis akan menetapkan tarif yang tinggi untuk barang impor.
  3. Subsidi
    Karena ada perbedaan harga antara barang impor dan barang dalam negeri, ada kemungkinan harga barang impor lebih murah daripada harga barang produksi dalam negeri. Supaya harga barang produksi dalam negeri dapat ditekan, pemerintah dapat memberi subsidi pada produsen dalam negeri. Dengan pemberian subsidi ini, harga barang dalam negeri menjadi murah.
  4. Larangan Impor
    Dengan berbagai alasan, ada barang tertentu yang dilarang diimpor. Misalnya, barang-barang yang berbahaya untuk masyarakat. Larangan impor bisa jadi dilakukan untuk membalas tindakan negara lain yang telah terlebih dahulu melarang impor barang suatu negara. Selain itu, larangan impor dapat pula dilakukan untuk menghemat devisa.

Pengertian Kebijakan Perdagangan Internasional

Pengertian Kebijakan Perdagangan Internasional
www.kemendagri.go.id

Kebijakan adalah suatu kecermatan, ketelitian dan langkah yang diambil untuk mengatasi sesuatu masalah. Kebijakan diambil berdasarkan fakta-fakta dan pengalaman masa lalu. Berdasarkan pengertian kebijakan tersebut, kebijakan perdagangan internasional adalah rangkaian tindakan yang akan diambil untuk mengatasi kesulitan atau masalah hubungan perdagangan internasional guna melindungi kepentingan nasional.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contoh daftar Pustaka

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dan Aturannya

cara mandi junub

Pengertian dan Niat Mandi Junub Secara Lengkap