5 Cara Asyik Berlibur di Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu objek wisata yang terletak di daerah Jakarta yang menawarkan berbagai pemandangan satwa. Kebun binatang ini berdiri pada tahun 1864 dan berada di wilayah Cikini, Jakarta Pusat dengan cakupan luas lahan sekitar 10 hektar.

Namun pada tahun 1964, obyek wisata satwa ini dipindahkan ke wilayah Ragunan, Jakarta Selatan. Kemudian diresmikan dengan nama Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966 yang mempunyai luas sekitar 140 hektar.

Kebun Binatang Ragunan memuiliki lokasi yang strategis, sehingga membuat para pengunjung mudah mengunjunginya. Jika kamu berkunjung di Kebun Binatang Ragunan ini pada hari-hari libur, kamu akan menyaksikan pemandangan kendaraan pribadi dan bus-bus yang tersusun di area parkir tempat wisata ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara asyik berlibur di Kebun Wisata Ragunan. Yuk, simak dengan seksama.

 

Naik Kereta Keliling

travellboy.wordpress.com

Bagi kamu yang malas jalan dan gampang capek, coba deh naik kereta aja. Sstt, ini bukan kereta di atas rel ala commuter line ya, melainkan kereta yang bergerak dengan roda di atas aspal. Desainnya mirip seperti kereta api pada umumnya, ada gerbong, lokomotif, dan bangku penumpang. Kereta-kereta ini berwarna kuning, biru, dan merah yang berjalan mengelilingi area Kebun Binatang Ragunan.

Ketika melewati kandang gajah, sesekali sang gajah seolah akan menyapa penumpang kereta dengan mengangkat belalainya. Untuk bisa menaiki kereta keliling, wisatawan diharuskan membayar Rp5.000 saja. Bagi wisatawan yang membawa anak, jangan khawatir, karena kereta keliling berjalan cukup pelan. Ditambah sisi samping badan kereta tergolong cukup tinggi untuk bisa mencegah anak terjatuh.

Bersepeda di Ragunan

ningsavin.com

Siapa bilang bersepeda hanya bisa di tempat arena sepeda atau di jalan raya saja. Di Kebun Binatang Ragunan, kamu juga bisa bersepeda di dalamnya. Kalau kamu membawa sepeda sendiri, kamu cukup membayar Rp1.000 di luar harga tiket. Jika tidak bawa sepeda, kamu bisa sewa.

Ada dua pilihan sepeda yang disewakan, yakni sepeda biasa dan sepeda tandem (double). Harga yang ditawarkan sebesar Rp10.000/jam untuk sepeda biasa. Sedangkan untuk sepeda tandem dikenakan tarif Rp15.000/jam.

Fasilitas penyewaan sepeda pada hari Senin-Kamis dibuka mulai dari pukul 09.30-15.00. Sedangkan pada haru Sabtu dan Minggu jam buka lebih awal, yakni dimulai pukul 07.30-15.00. Sedangkan pada hari Jumat penyewaan sepeda di Ragunan libur.

Piknik

flickr.com

Kebun Binatang Ragunan yang memiliki area hijau, sejuk dan luas ini bisa dimanfaatkan untuk piknik. Hmmp, enak loh menghirup udara segar sambil duduk-duduk di bawah pohon serta menyantap makan siang favorit. Apalagi kalau pikniknya bersama orang-orang tersayang.

Kalau tidak bawa makanan, kamu bisa beli makanan di area Kebun Binatang Ragunan dengan harga cukup terjangkau. Banyak tempat di Kebun Binatang Ragunan yang cocok dijadikan lokasi piknik, antara lain di Taman Schmutzer atau di dekat kandang Jerapah. Pilih sendiri tempat favoritmu!

Jogging

keiyworld.blogspot.com

Kalau kamu biasa jogging saat car free day di Jalan Jenderal Soedirman atau di Gelora Bung Karno, sesekali cobain deh jogging di Kebun Binatang Ragunan. Jika biasanya kamu jogging yang dilihat kanan kiri tuh gedung-gedung menjulang tinggi, maka jika di Ragunan yang dilihat beraneka ragam satwa. Ditambah tentunya bisa menikmati rindangnya pepohonan.

Menikmati Kuliner di Kebun Raya Ragunan

yoggaas.com

Untuk masalah makanan, kamu tidak perlu khawatir karena di kawasan wisata ini banyak terdapat warung makanan yang menyediakan berbagai macam jajanan. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga jajanan ringan. Di sekitar kawasan Kebun Binatang Ragunan ini juga terdapat banyak tempat makan. Seperti Holycow Steakhouse, Warung Soto Ligut, Coffee Life, dan masih banyak yang lainnya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai car asyik berlibur di kawasan wisata Kebun Binatang Ragunan. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar