Hati-hati! Kelamaan Jomblo Bisa Bikin Kamu Mudah Terserang Penyakit

Hai para Jomblo! Jangan biarkan diri kamu berlarut-larut dalam kesepian. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa kesepian bisa membuat seseorang mudah sakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti dari Universitas California dan Universitas Chichago mengungkapkan, rasa kesepian bisa menimbulkan perubahan sel dalam tubuh. Kemampuan tubuh yang biasanya bisa melawan penyakit menjadi berkurang. Selain itu, kesepian juga bisa meningkatkan resiko peradangan.

Adapun penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengamati hubungan sosial 141 orang tua yang berkaitan dengan resiko penyakit. Awalnya penilitian ini dilakukan terhadap primata yang kemudian dipublikasikan dalam Prosiding National Academy of Sciences.

Salah satu ilmuwan yang melakukan penilitian tersebut bernama Caroline Abrahams dari Age UK. Dia mengatakan “Tidak hanya membuat hidup sengsara, kesepian dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental“.

Oleh karena itu, menurut para peneliti, kesepian adalah masalah kesehatan. Tetapi, para peneliti juga mengatakan, pada dasarnya orang yang sedang dilanda kesepian sudah mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah jika dibandingkan dengan orang yang tidak kesepian.

Biasanya rasa kesepian dialami oleh orang tua saat anak-anak mereka sudah menikah dan tidak lagi tinggal bersamanya. Penelitian membuktikan, lebih dari satu juta orang tua mengaku belum berbicara dengan orang-orang terdekatnya seperti anggota keluarnya, sahabat, kerabat, teman, atau tetangga selama lebih dari satu bulan. Perilaku sosial ini menunjukkan, bahwa mereka sedang mengalami kesepian.

Selain itu, kesepian juga biasanya dialami oleh orang yang lama dalam kesendirian. Ya, jomblo pastinya lebih tau akan kesepian yang satu ini, hehe. Oleh karena itu, jangan lama-lama jadi jomblo ya, supaya kamu bisa terhindar dari serangan penyakit akibat kesepian. 😀

Tinggalkan komentar