Kenapa Wanita Memilih Pria Lebih Tua?

Banyak sekali contoh di sekitar kita, wanita lebih banyak menikah dengan pria yang lebih tua ketimbang yang seumuran atau brondong. Di luar negeri pernikahan dengan beda umur yang mencolok lebih banyak lagi, yang kalau di Indonesia hal ini malah menjadi cibiran.

Ingat pasangan Natasya Rizky dan Desta? Perbedaan usia mereka hanya 16 tahun tapi mereka saat ini membuktikan dapat mewujudkan keluarga harmonis dan bahagia, serta memiliki momongan. Perbedaan usia bukan halangan untuk mendapatkan kebahagiaan, peduli amat dengan cibiran orang karena yang terpenting keduanya merasa nyaman dan bahagia. Wanita memiliki kecenderungan menikah dengan pria yang umurnya lebih tua karena berbagai pertimbangan:

1. Berpengalaman

Lebih cepat lahir artinya sudah banyak makan asam garam. Pria ini sudah merasakan berbagai rintangan dan cobaan, dari situlah dia diharapkan dapat merumuskan berbagai cara untuk melewatinya. Dia juga memiliki banyak pengetahuan tentang wanita dan rumah tangga, sehingga wanita merasa nyaman bersama suami yang sudah berpengalaman menghadapi wanita.

2. Lebih dewasa

Menjadi fitrah pria dan wanita, ketika di usia nikah akan memilih pasangan hidup yang mirip dengan kedua orang tua, baik wajah, postur tubuh, maupun perilaku orang tua. Wanita merasakan betapa berwibawanya ayah ketika menyelesaikan masalah anak-anaknya. Oleh sebab itu dia cenderung memilih suami yang mirip dengan ayahnya.

Pria ini juga lebih pandai mengendalikan emosi, tidak meledak-ledak dan bisa menjadi panutan istri. Wanita sangat menghargai dan kagum kepada suaminya yang lebih tua, jarang berselisih paham dan lebih banyak menurut. Karena dia melihat figur ayahnya dalam diri suami.

3. Mapan

Pandangan orang awam adalah semakin lama hidup di dunia, semakin lama dia bekerja, semakin banyak pula uangnya. Wanita menginginkan kenyamanan hidup, dia memilih suami yang mapan secara finansial. Paling tidak pria dewasa sudah tidak neko-neko, fokus pada tujuan hidup dan keluarga. Dia sudah pandai mengelola keuangan daripada yang lebih muda.

4. Faktor Kesuburan

Perbedaan umur suami lebih tua dari istri tak akan terlihat karena faktor kesuburan wanita dan pria berbeda. Wanita memiliki masa subur dari puber hingga menopause, sedangkan pria dari saat baligh hingga tua. Tingkat kesuburan ini mempengaruhi penampilan seseorang, wanita jadi terlihat lebih cepat tua dibandingkan pria. Karena itulah wanita memilih suami yang lebih tua agar dapat melayani suami hingga usia senja.

Wanita bebas memilih pria yang lebih tua atau muda dari umurnya sebagai pendamping hidupnya. Kesampingkan perbedaan umur bila pasangan menemukan kebahagiaan, kamu percaya jodoh?

Tinggalkan komentar