5 Tips Mudah Merawat Kenari Gacor

Salah satu hewan yang banyak dicari untuk dipelihara adalah burung. Berbeda dengan hewan peliharaan lainnya burung memiliki keistimewaan tertentu. Jenis burung sangat beragam jauh melebihi jenis-jenis anjing maupun kucing.

Memelihara burung adalah sebuah kepuasan tertentu. Beberapa jenis burung dapat mengeluarkan suara-suara yang unik. Tak jarang dengan memelihara burung dengan suara merdu tersebut sang pemilik mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Banyak sekali perlombaan yang melombakan berbagai jenis burung. Ada yang mempertandingkan suara burung, kelincahan burung, kepintaran burung dan juga kecantikan burung. Melalui lomba tersebut si pemilik bisa mendapatkan uang yang lumayan banyak.

Mengikutkan burung dalam berbagai lomba tentunya tidak bisa sembarangan, harus ada persiapan yang matang dalam perawatanya.

Salah satu jenis burung yang sering diikutkan lomba adalah kenari gacor. Biasanya burung ini dipertandingkan kicaunya. Kenari gacor yang memiliki kicauan bagus harganya juga bisa melambung tinggi.

Kicauan burung kenari gacor tidak bisa muncul begitu saja, perawatanya pun harus tepat. Selain itu makanannya juga harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa tips memelihara kenari gacor agar memiliki suara kicauan yang dapat membuatmu memenangkan berbagai lomba kicau burung.

 

Makanan

www.knockleydogfoods.co.uk
www.knockleydogfoods.co.uk

Kenari kicau tidak boleh diberi makanan sembarangan, karena hal tersebut akan mengganggu kesehatannya. Jika terganggu kesehatannya, jangankan berkicau indah, keluar suaranya pun jarang.

Berikan makanan kenari gacor berupa campuran biji-bijian, sebaiknya berikan canary seed yang berupa biji-bijian yang sudah diramu. Agar kenari gacor tidak bosan, berikan selingan makanan berupa sayur-sayuran secara bergantian.

Untuk tambahan nutrisi, berikan kenari gacor pakan berupa telur dan kroto (anak semut). Kedua makanan tersebut mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan burung.

Untuk menambah variasi makanan sehat, jangan lupa berikan juga asinan dari hewan laut seperti kerang atau sotong.

Diangin-anginkan

hewanpeliharaanterbaru.blogspot.com
hewanpeliharaanterbaru.blogspot.com

Selain kesehatan, hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara burung kenari gacor adalah psikologis si burung. Jika badan sehat namun psikologis jelek, burung akan merasa stres dan tidak bisa berkicau dengan indah.

Mungkin hal ini dianggap sepele bagi beberapa orang, padahal kegiatan ini sangat baik untuk burung kenari gacor. Setiap burung sejatinya adalah hewan yang hidup dengan terbang di udara terbuka.

Namun jika kamu memeliharanya, mau tidak mau kamu harus memasukkanya ke kurungan agar burung tidak kabur. Ketika di masukkan ke sangkar, burung tidak bisa terbang bebas seperti seharusnya.

Maka dengan cara diangin-anginkan diharapkan burung menjadi tidak stress dan merasa ia masih tinggal di habitatnya asli. Lakukan hal ini rutin setiap pagi ketika udara pagi hari masih terasa sejuk.

Penjemuran

kangbabas.blogspot.com
kangbabas.blogspot.com

Tidak hanya manusia, burung ternyata juga butuh berjemur. Hampir sama dengan tips sebelumnya, hal ini dilakukan untuk membuat burung lebih segar dan mengurangi resiko kemungkinan stres.

Selain itu, sinar matahari yang cukup bisa membuat tubuh burung kenari menjadi lebih bugar. Lakukan penjemuran setiap hari mulai jam 8 hingga jam 10 pagi.

Pemasteran

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Pemasteran adalah kegiatan untuk melatih kicauan burung kenari. Teknik pemasteran bisa kamu pelajari melalui informasi-informasi yang banyak tersedia di Internet. Lakukan kegiatan ini antara jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Lakukan kembali pemasteran pada sore hari sekitar jam 6 sore.

Memandikan

www.youtube.com
www.youtube.com

Tips terakhir ini juga tidak kalah penting dengan tips-tips sebelumnya. Memandikan kenari gacor bisa dilakukan setiap sore hari. Namun jika suhu udara sekitar lumayan dingin sebaiknya tidak perlu dimandikan.

Jika ternyata burung sudah basah karena tercebur di tempat minumnya sebaiknya juga tidak usah dimandikan.

Tinggalkan komentar