Bangunlah Kepercayaan Diri Buah Hatimu dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Masa anak-anak adalah saat-saat penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Kegemaran anak untuk bergerak bebas, mengeksplor segala hal dan bersikap kritis bukanlah hal yang salah. Sebagai orangtua, seharusnya kamu memahami dan memantau perilaku yang semacam itu.

Perkembangan setiap anak tidaklah sama, mulai dari perkembangan fisik hingga ke psikis. Meskipun semua orangtua ingin memiliki anak yang begitu hebat dan  percaya diri, semua itu tak didapat dengan sendirinya.

Mungkin kamu sebagai orangtua pernah melihat seorang anak yang senang sekali tampil, tetapi tidak dengan anakmu. Untuk bertemu orang baru saja dia lebih memilih untuk bersembunyi. Dia seperti tak ada daya setiap kali melihat orang asing.

Sifatnya yang pemalu seperti ini menjadikannya memiliki kepercayaan diri yang kurang. Terkadang, anak yang seperti ini memiliki lingkup pergaulan yang cukup sempit. Dirinya akan sangat susah untuk masuk dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

Tak akan mengherankan apabila si anak mulai bersekolah, ia enggan untuk ditinggal oleh orangtuanya. Butuh waktu yang cukup lama untuk membuat si kecil mau berbaur dan bergabung bersama dengan teman-teman di sekolahnya.

Untuk mencegah berlanjutnya sifat si anak yang pemalu dan kurang percaya diri ini, kamu haruslah membangun kepercayaan dirinya secepat mungkin. Lakukanlah beberapa cara berikut ini agar buah hatimu menjadi anak yang lebih berani dan percaya diri.

1

Beri Dorongan Pada Anak

www.qykapp.com

Ketika anak enggan untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya, kamu jangan henti-hentinya untuk memberikan dorongan yang kuat pada si anak. Buatlah dia untuk bisa menunjukkan kebolehannya pada oranglain.

Mulai dari menunjukkan kebolehan di depan orangtuanya terlebih dahulu, kemudian kepada keluarga besarnya. Setelah anak cukup merasa percaya diri dengan keterampilan yang bisa diunggulkannya, tawarkan kepada si anak agar mau tampil di depan oranglain, selain keluarganya.

2

Menempatkan Diri Menjadi Teman

wearebothright.com

Menjadi orangtua yang asik dan friendly pasti lebih disukai oleh anak-anak, dibanding kamu menerapkan peraturan yang begitu otoriter. Menempatkan dirimu sebagi teman untuk si anak akan mempererat hubungan kalian.

Hubungan yang lebih hangat dan banyak canda tawa akan lebih sering tercipta. Dalam kebersamaan kalian, kamu bisa mengajarkan berbagai hal positif yang akan membangun dirinya untuk mengembangkan kepercayaan dirinya.

3

Beri Si Anak Gambaran Positif

penseetufuka.wordpress.com

Bukan untuk memanjakan dan membuat si anak menjadi sombong, namun pujian yang kamu berikan kepada mereka itu sungguh bermakna. Ketika si anak melakukan hal yang baik, maka pujianmu akan sangat membantu memberikan makna yang positif dalam diri anak.

Anak akan merasa bahwa ia mampu dan dihargai, maka dari itu, kepercayaan dirinya pun akan muncul lebih kuat lagi seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, hindari memberi pujian palsu yang kesannya tidak tulus dari hati kepada si kecil.

4

Menanamkan Kedisiplinan

www.sandhurstprep.co.za

Hal yang penting dan tak boleh tertinggal dalam mengajarkan kebaikan untuk si anak adalah mendidikanya menjadi orang yang disiplin. Karena kedisiplinan adalah hal utama yang akan membawa mereka pada gerbang kesuksesan.
Lalu, apa hubungannya dengan kepercayaan diri? Ini sangatlah berhubungan, karena saat anak sudah mampu menjadi seorang yang disiplin, kepercayaan dirinya pun akan tumbuh secara perlahan dan semakin menguat hari demi hari.

Jadi, untuk membangun dan membentuk kepercayaan diri pada si anak, mereka butuh bantuan dari orangtuanya. Karena, sikap dan sifat yang terbentuk pada diri si anak itu pun didapat dari lingkungan terdekatnya terlebih dahulu, yaitu keluarga.

Tinggalkan komentar