Kupas Tuntas 4 Kepribadian: Sanguin, Koleris, Melankolis, Plegmatis

Sekarang ini ada banyak sekali teori tipe kepribadian. Salah satu teori tertua tentang pembagian tipe kepribadian adalah teori 4 jenis kepribadian. Teori 4 kepribadian membagi orang-orang di seluruh dunia menjadi tipe sanguin, koleris, melankolis, dan plegmatis. Teori ini dipopulerkan di era sekarang ini oleh Florence Littauer lewat bukunya, Personality Plus.

Sejarah pembagian 4 kepribadian: sanguin, koleris, melankolis, plegmatis

http://sekolahpramugari.org/
http://sekolahpramugari.org/

Asal muasal pembagian kepribadian ini adalah pengobatan Yunani-Arab, yang dulu sangat populer digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Faktanya, pengobatan Yunani-Arab ini masih digunakan di  berbagai belahan dunia oleh praktisi-praktisi pengobatan alternative.

Inti dari teori 4 kepribadian adalah konsep kedokteran kuno, humorisme. Humor dalam konteks ini bukanlah lawak atau banyolan. Humor ini berarti cairan tubuh yang mengalir di badan seseorang.

Ada 4 jenis cairan yang mengalir dalam tubuh. Setiap orang memiliki proporsi jenis cairan tubuh yang berbeda dari yang lain. Cairan tubuh yang dominan pada diri seseorang menentukan tipe kepribadian dan psikologis dirinya.

Berikut ini 4 jenis kepribadian dan humor (cairan tubuh) yang dominan pada kepribadian tersebut).

KepribadianJenis humorIstilah Arab
SanguinDarah (blood)Damawiyy
PlegmatisLendir (phlegm)Balghamiyy
KolerisCairan empedu kuning (yellow bile)Safrawiyy
MelankolisCairan empedu hitam (black bile)Sauda

 

Teori ini mengungkapkan bahwa dominasi satu jenis humor sangat menentukan penampilan dan kebiasaan seseorang. Namun, sebagian besar orang memiliki kepribadian campuran. Terlebih lagi sulit untuk menilai jenis kepribadian seseorang hanya dari penampilannya, apalagi bagi orang awam seperti kita.

Dr. Paul Hysen, Ph.D. membuat klasifikasi ciri-ciri untuk tiap kepribadian seperti dalam tabel yang ada di bagian paling bawah artikel ini. Ada ciri-ciri untuk kepribadian murni  dan juga ciri-ciri untuk kepribadian campuran. Hysen membuatnya dari pengamatan terhadap orang-orang Barat. Untuk orang Indonesia yang memiliki ciri-ciri fisik berbeda tentu perlu penelitian tersendiri.

Kedokteran modern menolak pembagian tipe kepribadian ini. Namun banyak teori kepribadian yang baru dikembangkan dari konsep kuno ini, hanya saja menggunakan istilah yang berbeda.

Misalnya saja tipe kepribadian yang dikembangkan oleh Dr. Helen Fisher. Ia membagi kepribadian menjadi Penjelajah (Explorer), Negosiator (Negotiator), Pengarah (Director), dan Pembangun (Builder). Pembagian ini menyerupai Sanguin, Plegmatis, Koleris, dan Melankolis secara berurutan. Walau mirip, bukan berarti penelitian Dr. Fisher ini jadi sia-sia.

Dunia psikologi modern juga tidak jauh berbeda dengan kedokteran modern. Konsep 4 kepribadian ini secara umum ditolak oleh banyak kalangan ilmiah. Walau begitu, penggunaan 4 istilah ini (sanguin, plegmatis, koleris, dan melankolis) tetap sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini 4 penjelasan pembagian 4 jenis kepribadian tertua di dunia psikologi.

Tipe kepribadian sanguin

Orang-orang berkepribadian sanguin cenderung tampak hidup, optimistis, emosi meluap-luap, dan acuh tak acuh. Para sanguin sangat menyukai petualangan dan tahan terhadap risiko yang tinggi.

Orang-orang sanguin tidak tahan lama-lama merasa bosan dan akan aktif mencari variasi dan hiburan dalam hidup. Sikap ini terkadang berdampak negatif pada hubungan romantis para sanguin.

Karena sikap inilah para sanguin cenderung mencari aktivitas yang tujuannya memberi kesenangan. Banyak sanguin yang berjuang melawan kecanduan. Keinginan mereka yang besar membuat para sanguine kebanyakan makan dan bermasalah dalam berat badan.

Orang-orang sanguin umumnya sangat kreatif dan bisa menjadi seniman yang hebat. Ditambah lagi, sanguin ini penghibur yang hebat. Secara alamiah, para sanguin akan berhasil jika memilih karier dalam industri entertainment.

Kemampuan alami sanguin juga akan berfungsi maksimal jika mereka memilih pekerjaan yang berhubungan dengan:

  • Marketing
  • Traveling
  • Fashion
  • Memasak
  • Atau olahraga

Tipe kepribadian plegmatis

Umumnya orang-orang berkepribadian plegmatis ini orientasinya fokus pada manusia. Para plegmatis mencari keharmonisan interpersonall dan hubungan yang erat.

Para plegmatis ini umumnya menjadi pasangan yang setia dan orang tua yang penyayang. Orang-orang plegmatis memprioritaskan hubungannya dengan teman lama, anggota keluarga, dan tetangga.

Orang-orang plegmatis cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha menjadi perantara 2 orang yang bertengkar untuk menjadi akrab kembali.

Para plegmatis sangat senang menghabiskan waktunya untuk kegiatan amal dan membantu orang lain. Karier ideal untuk tipe kepribadian plegmatis sebaiknya berhubungan dengan:

  • Merawat orang lain atau hewan atau tanaman
  • Mengajar
  • Psikologi atau konseling
  • Perkembangan anak
  • Pelayanan sosial

Tipe kepribadian koleris

Orang dengan kepribadian koleris murni umumnya berfokus pada tujuan. Para koleris umumnya sangat cerdas, analitis, dan logis. Dalam hubungan sosial, koleris umumnya berpikir praktis dan sangat blak-blakan.

Itulah sebabnya  para koleris terkadang sulit menjadi teman yang baik dan sulit bersosialisasi. Para koleris lebih memilih sendirian dan kesepian daripada ditemani orang-orang yang pikirannya dangkal. Para koleris sangat menyukai menghabiskan waktu bersama orang-orang dengan minat profesional yang serupa.

Pekerjaan ideal untuk tipe kepribadian koleris ada pada bidang-bidang berikut ini:

  • Manajemen
  • Teknologi
  • Statistic
  • Engineering
  • Pemrograman
  • Bisnis

Tipe kepribadian melankolis

Orang-orang berkepribadian melankolis sangat menyukai tradisi. Wanita memasak untuk suaminya. Laki-laki membukakan pintu untuk wanita.

Para melankolis umumnya sangat mencintai keluarga dan teman dekatnya. Tidak seperti sanguin, para melankolis tidak mencari kesenangan yang baru dan petualangan. Bahkan seringkali para melankolis menghindarinya.

Orang dengan kepribadian melankolis umumnya enggan menikahi orang asing atau meninggalkan tanah airnya. Orang melankolis sangat sosial dan ingin berkontribusi ke komunitasnya.

Para melankolis sangat menyukai aturan dan keakuratan. Para melankolis umumnya manajer yang baik.

Karier ideal untuk kepribadian melankolis adalah dalam bidang:

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Pekerjaan sosial
  • Administrasi

Bisa jadi tipikal kepribadianmu itu ada di tiap jenis 4 kepribadian ini. Seperti saya, ada sifat-sifat yang ada pada 4 jenis kepribadian. Namun ada juga karakter tiap kepribadian yang tidak sesuai dengan saya.

Memang sangat jarang orang yang berkepribadian murni. Mayoritas orang merupakan campuran dari masing-masing kepribadian. Yang terpenting bukanlah menentukan saya ini sanguin/plegmatis/koleris/melankolis. Yang terpenting adalah menemukan diri kita yang sebenarnya dan menjalani hidup yang otentik.  Dengan hidup yang otentik, alias apa adanya, itulah kita dapat berkarya dengan optimal di tengah dunia yang semakin sibuk ini.

Tinggalkan komentar