Cara Mengatasi Keputihan Pada Saat Hamil Muda

Keputihan yang terjadi pada ibu hamil, sebenarnya sama dengan yang dialami wanita pada umumnya. Keputihan di awal kehamilan disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan pada bagian kewanitaan. Penyebab lainya juga karena perubahan hormonal pada saat awal kehamilan yang mengakibatkan ibu hamil stres dan terjadi suasana hati yang memicu terjadinya keputihan.

Keputihan atau flour albus dapat dibedakan menjadi dua jenis, keputihan yang bersifat normal dan abnormal. Keputihan normal istilahnya fisiologis biasanya dialami oleh wanita pada umumnya setiap bulanya yang dipengaruhi hormon. Sedangkan keputihan abnormal atau patologis dapat menjadi pertanda terjadinya masalah pada bagian kewanitaan.

keputihan-pada-ibu-hamil
www.radiocraiova.ro

Tips mengatasi keputihan pada ibu hamil

  1. Jagalah kebersihan pada bagian intim anda dengan cara membersihkannya secara teratur dan cara yang benar. Terlebih jika setelah membuang air. Bersihkan dari arah depan kebelakang dengan satu arah.
  2. Gunakan air bersih untuk membersihkan organ intim atau gunakan air yang mengalir lebih baik. Hindari menggunakan sabun mandi atau cairan pembersih organ intim yang dijual bebas.
  3. Gunakan pakaian dalam yang nyaman, jangan gunakan dari bahan yang panas dan tidak menyerap keringat. Gunakanlah bahan katun agar lebih nyaman dan tentunya juga man.
  4. Kurangi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan-makanan instan dan siap saji.
  5. Jaga pikiran dan perasaan agar tetap tenang sehingga akan menghindarkan dari terjadinya stres berlebih, yang akan mengakibatkan terjadinya keputihan.

 

Tinggalkan komentar