Kereta Bawah Laut Pertama di Dunia

Di zaman sekarang ini, dunia teknologi selalu mengalami perkembangan dalam setiap tahunnya. Hal ini ditunjukkan dengan telah beroperasinya kereta api bawah laut pertama di dunia yang berada di negara Turki.

Kereta bawah laut tersebut diberi nama Marmaray. Kata “marmara” merupakan perwakilan untuk laut Marmara sedangkan “ray” memiliki arti kereta. Dengan kata lain nama Marmaray memiliki pengertian kereta yang melintasi laut Marmara.

Jadi secara tidak langsung kereta tersebut bisa dikatakan berjalan di dalam lautan. Hal itu disebabkan telah rampungnya terowongan yang terbentang melewati selat Bosphorus. Selat tersebut memisahkan negara Turki bagian Asia dengan Turki bagian Eropa. Selat Bosphorus juga menghubungkan laut hitam di wilayah Eropa dengan laut Marmara di wilayah Asia.

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Terowongan yang memiliki panjang sekitar 13,5 km dan kedalaman sekitar 55m di bawah laut tersebut mulai beroperasi pada bulan Oktober tahun 2013 silam. Di kedua ujung terowongan tersebut terdapat dua stasiun yaitu stasiun Kazlicesme (Eropa) dan stasiun Ayrilikcesmesi (Asia).

Dalam sejarahnya, ide untuk menciptakan jalur kereta bawah laut merupakan cita-cita pemerintahan Turki sejak kurang lebih 150 tahun yang lalu pada periode kepemimpinan Sultan Abdul Majid 1 (1830-1861). Cita-cita tersebut memang bertujuan untuk menggabungkan Turki bagian Eropa dengan Turki bagian Asia.

Namun sayangnya impian tersebut terhalang oleh keadaan teknologi yang mana pada waktu itu masih belum terlalu berkembang dengan pesat. Baru pada akhirnya di tahun 2013, impian tersebut berhasil direalisasikan dengan proyek yang menghabiskan dana sampai 4,5 milyar US Dollar dengan jangka waktu sekitar 3 tahun.

Itulah sedikit pembahasan tentang kereta api bawah laut pertama di dunia. Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Kereta Bawah Laut Pertama di Dunia”

Tinggalkan komentar