Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional beserta Bentuk-bentuknya

KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL – Di dalam sebuah hubungan antar negara, ada yang namanya hubungan ekonomi internasional, perdagangan internasional, dan kerjasama ekonomi internasional. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang kerjasama ekonomi tingkat internasional. Lebih spesifiknya membahas tentang pengertian dan bentuk-bentuk dari kerjasama ekonomi internasional.

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama ekonomi internasional
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Kerjasama ekonomi internasional yaitu suatu kerjasama yang dilakukan antar negara atau oleh suatu negara dengan beberapa negara lainnya. Di dalam sebuah kerjasama ekonomi yang dilakukan antar negara, pada setiap pihak tentunya mengharapkan suatu keuntungan yang didapat dari kerjasama tersebut.

Tentunya kerjasama ekonomi internasional dilakukan sudah melalui kesepakatan bersama oleh negara-negara yang bersangkutan dengan harapan saling mendapatkan keuntungan dari kerjasama yang dilakukan tersebut.

Misalnya kerjasama ekonomi yang dilakukan antara negara berkembang dan negara maju. Kerjasama yang dilakukan oleh negara berkembang dan negara maju tentunya menjadi hal yang perlu dilakukan. Karena negara berkembang untuk membangun perekonomian negaranya membutuhkan bantuan dari negara maju seperti bantuan mesin, teknologi, peralatan, dan modal.

Sedangkan negara maju tentunya juga membutuhkan bantuan dari negara berkembang. Karena bahan-bahan mentah kebanyakan didapat dari negara berkembang. Dari faktor saling membutuhkannya ini diharapkan kerjasama ekonomi bisa menghasilkan keuntungan bersama.

Bentuk-bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

Bentuk kerjasama ekonomi internasional
Sumber: wikiwand.com

Perlu diketahui bahwa kerjasama ekonomi ini memiliki beberapa bentuk. Tujuan dibentuk atau dikategorikannya kerjasama ekonomi internasional ini yaitu untuk mempermudah dalam mengelompokannya. Berikut ini adalah bentuk-bentuk dari kerjasama ekonomi tingkat internasional.

  • Kerjasama Ekonomi Bilateral, yaitu kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh dua negara seperti Negara Indonesia dengan Negara Jepang, Negara Indonesia dengan Negara Korea, dan lainnya.
  • Kerjasama Ekonomi Regional, yaitu bentuk dari kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh beberapa negara yang masih dilingkup kawasan. Contohnya yaitu seperti ASEAN, AFTA, dan APEC.
  • Kerjasama Ekonomi Multilateral, yaitu kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang bersifat internasional. Artinya tidak terbatas oleh lingkup kawasan saja. Contohnya seperti ILO dan IMF.
  • Kerjasama Ekonomi Antarregional, yaitu kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh beberapa lembaga ekonomi regional. Contohnya seperti kerjasama ASEAN dengan Uni Eropa.
  • Kerjasama Ekonomi Berdasarkan Tujuan dan Lapangan Usaha, dalam kerjasama ekonomi ini tidak dibatasi oleh wilayah maupun lingkup internasional. Karena tujuan dari kerjasama ini yaitu untuk dasar tujuan dan lapangan usaha. Contohnya seperti OECD dan OPEC.

Itulah bentuk-bentuk dari kerjasama ekonomi Internasional yang perlu kita ketahui. Pada intinya kerjasama ini dilakukan untuk saling mendapatkan keuntungan. Karena tujuan utama diadakannya kerjasama tersebut adalah untuk saling mendapatkan keuntungan bagi negaranya.

Tinggalkan komentar