6 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Agar Tetap Terjaga

Sistem reproduksi merupakan sesuatu yang sangat penting. Organ-organ yang ada dalam sistem reproduksi harus dijaga dengan baik. Nah, kita harus bisa menjaga organ reproduksi, baik itu pria maupun wanita. Kamu tentu nggak mau kan kalau terkena masalah pada sistem reproduksi.

Nah, kali ini, kita bahas dulu ya tentang menjaga kesehatan reproduksi wanita. Para pria harap bersabar dan mungkin bisa membaca untuk mengingatkan pasangannya. Buat kamu yang wanita, simak dan baca baik-baik ya! Agar kesehatan reproduksi kamu terjaga.

 

Atur Pola Makan

wisegeek.org
wisegeek.org

Salah satu faktor yang membuat kita menjadi sehat adalah makanan yang kita makan. Dengan pola makan yang teratur, berat badan terkontrol akan menjadikan kita menjadi lebih sehat.

Untuk seorang wanita, kegemukan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kehamilan. Lambatnya proses kehamilan karena seorang wanita mengalami kegemukan.

Nah, jika kamu termasuk ke dalam golongan yang gemuk, biasanya kamu akan mengalami masalah menstrusi. Hal ini tentu akan
mengganggu pola reproduksimu. Tapi, terlalu kurus juga tidak baik. Karena, ketika seseorang itu bertubuh kurus, maka hormon estrogen akan terhambat perkembangannya.

Berhentilah Merokok

dutchpipesmoker.wordpress.com
dutchpipesmoker.wordpress.com

Buat para wanita yang merokok, berhentilah sekarang! Kamu pasti tahu kan kalau merokok itu tidak baik dilakukan. Oleh seorang pria saja merokok itu tidak baik, apalagi buat wanita. Di dalam rokok itu terdapat banyak zat berbahaya yang sangat tidak baik bagi kesehatan.

Kebiasaan merokok tidak baik buat kamu para wanita karena dapat merusak bagian ovarium lho. Padahal bagian yang ini sangat penting dalam proses pembuahan sel telur. Kalau bagian tersebut rusak, tentu akan berdampak kepada kegagaan dalam pembuahan.

Lakukan Seks yang Aman

womenonit.com
womenonit.com

Seks merupakan salah satu peran utama yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi kamu. Tentu kamu ingat betapa berbahayanya penyakit seperti HIV AIDS. Penyakit yang bisa menular lewat hubungan seks. Penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Maka dari itu kamu harus ingat tentang melakukan hubungan seks yang aman demi kesehatan kamu dan masa reproduksi kamu. Berhubunganlah dengan orang yang halal bagi kamu, jangan gonta-ganti pasangan. Udah nanti bisa kemungkinan terkena penyakit, dosanya besar lagi.

Jika Diprediksi Terkena Penyakit

essentialparent.com
essentialparent.com

Ketika kamu diprediksi oleh dokter terkena suatu penyakit di sistem reproduksi, berusahalah melakukan pengobatan sampai benar-benar sembuh. Kamu juga jangan meremehkan sakit yang diderita, seperti sakit berkelanjutan atau menstruasi tidak teratur. Segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Buat Jadwal Pemeriksaan

Mencegah Kehamilan dengan Metode Ritmik (klikdokter.com)
klikdokter.com

Usahakan kamu membuat jadwal rutin untuk pemeriksaan sistem reproduksi ke dokter. Dengan pemeriksaan yang rutin, kamu akan mengetahui apakah sedang dalam masa sehat, subur, atau mungkin kamu terkena penyakit.

Jadi, pemeriksaan ke dokter itu penting sekali. Selain untuk mengetahui apakah terkena penyakit, kamu juga bisa lebih waspada jika penyakit muncul dan penanganannya bisa segera dilakukan.

Bergaya Hidup Sehat

duniafantasilelaki.blogspot.com
duniafantasilelaki.blogspot.com

Hal yang terpenting dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi adalah menjalankan pola hidup sehat. Pola hidup yang sehat itu dari mulai makan makanan sehat, istirahat cukup, tidak merokok, olah raga teratur, menghindari stres. Sehingga, kamu akan bisa mendapatkan kesehatan, bukan hanya sistem reproduksi, tapi juga seluruh tubuh kamu.

Nah, demikian cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa kamu coba. Selalu jaga pola hidup kamu agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan komentar