Cek Kesehatan Tubuh Kamu Melalui Kondisi Kaki

Kebanyakan orang meremehkan gejala yang dirasakan pada kaki. Sebagian mengaggap remeh penyakit kaki bengkak, kaki bau, rambut jempol kaki rontok, dan sebagainya. Padahal, mungkin saja kondisi tersebut merupakan tanda-tanda terkenanya penyakit berat tertentu.

Karena pada dasarnya, kaki bisa digunakan untuk menggambarkan penyakit. Kamu bisa membaca uraian di bawah ini mengenai bagaimana kaki dapat digunakan untuk menggambarkan penyakit.

 

Kaki Bengkak

paruliansinaga.wordpress.com
paruliansinaga.wordpress.com

Jangan meremehkan kaki yang bengkak. Mungkin kaki bengkak yang sedang diderita disebabkan oleh duduk atau berdiri terlalu lama atau sepatu yang kamu pakai terlalu sempit. Jika penyebab kaki bengkak tersebut karena hal-hal tersebut, kemungkinan dalam satu minggu sudah sembuh.

Namun, jika kondisi tersebut dirasakan selama lebih dari seminggu, maka saatnya kamu konsultasikan penyakit tersebut ke dokter. Mungkin saja itu gejala dari penyakit yang parah.

Kaki Dingin

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Apakah kamu pernah merasakan kaki kamu dingin? Jika kamu pernah merasakan, mungkin saja sirkulasi darah dalam tubuh kamu kurang bagus. Penyebabnya adalah gaya hidup yang selalu menetap di satu tempat, seperti duduk terlalu lama. Hal ini menjadikan darah tidak bisa mengalir dengan baik dan bisa menyebabkan penggumpalan darah.

Kaki Bau

www.fbifm.com
www.fbifm.com

Tidak sedikit orang memiliki kaki bau, terlebih jika orang tersebut habis menggunakan sepatu, pasti kakinya menjadi bau. Namun, jika kaki bau dan berkeringat, bisa jadi merupakan sinyal terkenanya hiperhidrosis. Meskipun penyakit ini tidak bahaya, namun penderitanya bisa dibuat malu karena aroma yang tidak sedap tersebut.

Kuku Kaki Berwarna atau Berbentuk Aneh

kukubao.blogspot.com
kukubao.blogspot.com

Kuku kaki yang normal seharusnya memiliki warna merah muda dan kukunya berbentuk seperti “tenggelam” di jari-jari. Namun, jika seseorang memiliki bentuk yang berbeda, mungkin saja orang tersebut kekurangan zat besi atau anemia.

Kaki Biru

www.noninadia.com
www.noninadia.com

Ada orang yang kakinya berwarna biru. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen dalam darah. Pertanda ini sangat serius karena menyangkut mengenai kesehatan kamu, terutama kesehatan pada paru-paru, darah, dan jantung.

Kulit Kering Terkelupas

selaluinginsehat.blogspot.com
selaluinginsehat.blogspot.com

..

Apakah kulit disekitar tumit kamu kering, pecah-pecah, atau terkelupas? Mungkin saja ini pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan kelenjar tiroid kamu. Kelenjar tiroid merupakan penghasil hormon tiroid yang mengontrol tingkat metabolisme, pertumbuhan jaringan, tekanan darah, dan fungsi saraf.

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh cuaca. Namun, jika kamu mengalami permasalah tersebut dan diikuti dengan pertambahan berat badan tanpa sebab yang jelas, tangan mati rasa, dan penglihatan kabur, mungkin saja itu masalah yang serius. So, sebaiknya kamu segera memeriksakan ke dokter.

Ibu Jari Botak

masrahmad.com
masrahmad.com

Seharusnya ibu jari seseorang memiliki sedikit rambut. Rambut yang ada di ibu jari laki-laki pada umumnya lebih banyak dan lebih tebal dibandingkan rambut di ibu jari wanita. Namun, jika rambut di ibu jari seseorang rontok atau bahkan tidak ada sama sekali, bisa jadi aliran darah kamu tidak lancar.

Salah satu penyebab kekurangan darah pada kaki dan jari-jari kaki adalah penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD).

Kaki Mati Rasa

jellygamatgoldgplus.com
jellygamatgoldgplus.com

Orang sedang memiliki permasalahan kesehatan atau sedang menderita penyakit tertentu, dampak yang bisa ditimbulkan adalah kaki mati rasa. Seperti halnya dengan botaknya rambut pada ibu jari, kaki mati rasa juga dapat disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar dan termasuk salah satu dari gejala PAD.

Seseorang mungkin pernah merasakan kaki mati rasa saat melakukan aktivitas yang sama dalam waktu lama, seperti duduk jongkok. Hal ini tidak terlalu bermasalah. Karena memang saat duduk jongkok aliran darah tidak bisa berjalan semestinya. Namun, jika kaki mati dirasakan saat beraktivitas dengan aktif bergerak, hal tersebut sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

Karena mungkin saja itu gejala penyakit berat. Kali mati rasa juga bisa jadi gejala penyakit neuropati perifer, yaitu penyakit yang berhubungan dengan diabetes tipe-2. Diabetes ini menghambat aliran darah ke kaki sehingga membuat kaki mati rasa. Dengan kaki mati rasa, luka yang ada di sekitar kaki bisa lama atau sulit sembuhnya.

Tinggalkan komentar