Ketahui 11 Hal Tentang Hamster Ini Sebelum Kamu Memeliharanya di Rumah

Ketika kata ‘hamster’ terucap, biasanya terlintas dalam bayangan kita seekor hewan kecl, imut, dan menggemaskan. Mungkin juga yang muncul di benak kita adalah tokoh kartun Hamtaro dan kawan-kawan yang membawa biji bunga matahari. Banyak orang yang ingin memeliharanya hamster karena kedua hal ini.

Tidak salah memang, namun tahukah kamu bahwa hamster dapat memakan anaknya sendiri. Ada alasan-alasan tertentu yang menyebabkan hal itu terjadi. Agar hamster peliharaanmu tumbuh dengan baik, ketahui hal-hal di bawah ini sebelum memeliharanya.

 

Hamster termasuk golongan hewan omnivora, si pemakan segala.

Hamster omnivora
nickwallpaper.com

Hamster adalah kerabat tikus, yaitu hewan pengerat. Maka hamster merupakan hewan omnivora yaitu si pemakan segala yang memakan semua jenis makanan.

Hamster tidak hanya makan biji bunga matahari, tetapi juga doyan tumbuhan dan serangga kecil.

Hamster makan brokoli
zooblog.ru

Perlu kamu ingat kembali, bahwa hamster hewan omnivora. Maka, ia tidak hanya makan biji bunga matahari. Hamster di alam liar memakan tumbuhan, biji-bijian dan serangga. Adapun saat haus, biasanya hamster minum embun dari tumbuh-tumbuhan yang mereka konsumsi.

Pipi gembul hamster berisi makanan.

Pipi hamster elastis
mimimipets.com

Pipi hamster berkantong elastis. Kegunaannya untuk menyimpan makanan sementara, sebelum dipindahkan ke tempat yang aman di sarangnya. Maka tidak heran jika pipinya gembul menggemaskan. Terkait menyimpan makanan, hamster sanggup menyimpan makanan seberat 20% dari berat badannya.

Hamster, si hewan twilight

Hamster hewan malam
animalworld.com.ua

Hamster tergolong hewan Crepuscular. Artinya, ia aktif saat twilight, yaitu senja atau subuh. Hewan Crepuscular terkadang aktif di malam hari saat bulan purnama. Oleh karena itu hamster juga dikenal sebagai hewan nocturnal.

Hamster suka menimbun makanan dalam liangnya.

Hamster dalam lubang
n24.de

Dalam sarangnya, hamster bisa menyimpan sebanyak 38 pon makanan dalam liang tunggal.

Hamster tidak dapat melihat warna-warni pelangi.

Hamster di alam liar
discoverwildlife.com

Hamster buta warna sehingga hidupnya mungkin hanya hitam putih, tidak ada warna pelangi yang bisa mereka lihat. Hamster hanya bisa melihat sampai 6 inci di depan mereka. Ketika mencari makanan dan menghindar dari pemangsa, hamster mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya.

Hamster memiliki pendengaran seperti anjing.

Hamster berkostum lucu
terriblycute.com

Hal ini karena hamster bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik. Indra pendengaran hamster sangat tajam, mirip seperti pendengaran anjing.

Hamster cinta kebersihan, sehingga ia sering ‘mandi’.

Hamster putih bersih
coolanimalworld.com

Hamster adalah hewan yang menyukai kebersihan. Itulah mengapa ia suka ‘mandi’. Tentu saja cara mandinya hamster berbeda dengan cara mandi manusia yang menggunakan air. Hamster membersihkan tubuhnya dengan cara berguling-guling di atas pasir yang bersih. Gunanya untuk menghilangkan gatal-gatal, kutu dan minyak, serta parasit yang menempel pada kulit dan bulunya. Jika selesai berguling-guling, mereka akan mengibaskan semua pasir yang menempel dengan cara menggoyang-goyangkan tubuhnya.

Hamster dapat menggali liang hingga sedalam 3 meter

Hamster di alam liar
hdwalls.xyz

Di habitat aslinya di alam liar, hamster dapat menggali liang sedalam 3 meter.

Hamster berbakat menjadi traveller tangguh.

Hamster dalam perjalanan
fashions-cloud.com

Hal ini karena hamster mampu melakukan perjalanan jauh. Hamster bisa berjalan dan berlari dengan kecepatan 2-3 mph untuk jarak jauh dan 5-7 mph untuk jarak pendek. Hamster juga dapat melakukan perjalanan yang jauh, sekitar 8 miles dalam mencari makanan.

Hamster dapat memakan anaknya sendiri dalam kondisi-kondisi tertentu.

Hamster dan apel
listas.20minutos.es

Ibu Hamster dapat melakukan aksi kanibalisme pada saat mereka telah melahirkan dengan memakan bayi atau anak mereka sendiri. Hamster jantan juga dapat memakan bayi hamster jika mereka merasakan kekurangan makanan. Alasannya beragam. Ibu Hamster sangatlah sensitif dalam masa kelahiran anak-anak mereka, mereka akan memakan anak mereka sendiri jika mereka merasa dalam bahaya, kandang yang terlalu kecil, bayi yang terlalu banyak, serta bau manusia.

Agar hamster-hamster peliharaanmu tidak melakukan kanibalisme, Oleh pisahkan hamster jantan dengan hamster betina jika hamster betina sedang hamil. Usahakan jangan menyentuh bayi hamster, karena hal itu akan membuat si ibu hamster tidak dapat mencium bau anak mereka dan mengira anak mereka adalah predator yang mengancam.

Tinggalkan komentar