Masih Sering Ketiduran Setelah Alarm Berdering? Coba Lakukan 4 Tips Sederhana Ini

Soal tidur dan ketiduran memang perkara yang susah di cari jalan keluarnya. Terkadang kamu tidak bisa tidur sampai pagi, itu saat kamu mengalami insomnia. Di lain waktu kamu malah tidak bisa bangun hingga siang.

Nah, beberapa hal di bawah ini adalah alternatif sederhana agar kamu bisa bangun tepat waktu. Salah satu atau beberapa diantaranya mungkin cocok untuk menyelesaikan masalah ketiduran kamu yang sudah mengganggu rencana harian kamu.

Persiapan Sebelum Tidur

nishanhalimdmd.com

Pada beberapa kondisi mungkin kita terlalu pernah setelah pulang kerja. Hanya duduk sebentar di sofa atau berbaring dengan pakaian formal pun kita bisa ketiduran sewaktu – waktu. Bangunnya? Tidak pernah menentu.

Hal yang harus kamu lakukan adalah memaksa diri untuk melakukan persiapan untuk tidur. Bersihkan badan minimal gosok gigi dan minum air putih yang cukup agar tidak haus.

Sebelum tidur, kamu juga bisa melakukan salat sunnah dua rakaat, atau membaca beberapa ayat Al Quran seperti Ayat Kursi. Terakhir, kamu harus mengingat rencana penting esok hari dan bertekad penuh niat untuk bangun pagi saat subuh.

Atur Alarm

inspireomedia.com

Nah, sebelum mengatur alarm, kamu mungkin bisa melakukan banyak modifikasi soal alarm ini. Mungkin saat ini jam weker sudah jarang digunakan dan lebih banyak yang memilih menjadikan smartphone sebagai alarm.

Manfaatkan teknologi di tangan kamu untuk membantu bangunnya kamu esok hari. Sekarang tersedia berbagai app alarm unik lewat layanan android. Mulai dari yang bertipe bunyi keras yang mengagetkan dan tidak berpola.

Hingga alarm unik yang hanya dan hanya berhenti jika kamu berhasil menyelesaikan persamaan matematis atau puzzle yang kamu pilih sebelumnya. Bahkan ada juga alarm yang berhenti hanya jika kamu berfoto selfie.

Tentu saja yang pertama harus kamu lakukan adalah mengeraskan suara alarm pada tingkat yang sangat mudah di dengar. Dengan cara ini kamu punya kemungkinan membangunkan orang lain yang akan membangunkan kamu juga.

Terakhir, letakkan alarm atau smartphone kamu pada posisi yang jauh. Tidak terjangkau oleh tangan namun suara ‘mengganggu’-nya tetap bisa kamu dengar dengan jelas.

Dengan cara ini tidak akan akan kemungkinan smartphone tertindih tubuh kamu dan bunyinya tidak kamu dengar. Bahkan kamu harus berdiri untuk mengambil smarphone dan mematikannya.

Ingat, Bangun, Minum, Mandi

whotelsthestore.com

Sesaat setelah kamu mematikan alarm, mungkin secara otomatis tubuh dan otak kamu akan berpikir untuk berbaring sedikit saja, sebentar lagi, tidak akan tertidur. Jangan pernah turuti bujukan palsu otak kamu dalam kondisi seperti itu.

Sekali melek kamu harus tetap membuka mata, sekali duduk harus berdiri, jangan rebahkan lagi tubuh kamu. Nyalakan lampu agar mata kamu lebih susah menutup kembali. Ingat, banyak hal penting yang harus kamu lakukan hari ini.

Bantu kesadaran kamu dengan meminum air putih sampai kamu tidak merasa kehausan. Lalu persiapkan alat – alat mandi kamu dan mandilah agar tubuh kamu menjadi segar dan terjaga sepenuhnya. Gunakan air hangat saat suhu udara terlalu dingin.

Bangunkan Aku, Bagaimanapun Caranya!

youtube.com

Nah, kalau semua cara diatas mental dan tidak tuntas sampai kamu bangun. Kamu bisa mencoba cara terakhir yang secara logis paling efektif. Kamu harus meminta dibangunkan oleh orang lain.

Tentu saja kamu harus memilih orang yang satu rumah atau satu kos dengan kamu. Dan yang terpenting adalah pilihlah orang yang sudah jelas teruji dan memiliki track record bahwa ia selalu bangun tiap pagi, sebelum subuh.

Kemudian tetapkanlah standar, misalnya mintalah ia untuk membangunkanmu dengan cara apapun. Dan minta ia untuk terus membangunkan kamu sampai kamu benar – benar bangun dan melangkah ke kamar mandi.

Jadi, kalau 4 cara di atas tidak juga dapat membuatmu terbangun? Kamu harus lebih banyak berdoa dan beribadah, biarkan Tuhan yang membangunkan kamu setiap pagi hari.

Tinggalkan komentar