Ini 5 Tanda Keuangan Kita Dikatakan Sehat

Tak sedikit orang yang bergaji besar, namun waktu ada kebutuhan urgen ternyata dana yang dimiliki tak cukup. Sebaliknya banyak orang yang bergaji tak terlalu besar, namun ketika ada kebutuhan mendesak, keuangan keluarga sudah mengantisipasi.

Begitulah keuangan yang sehat, tidak melulu soal besar kecilnya pendapatan walau itu masuk komponen yang penting. Namun, yang terpenting tetap adalah bagaimana kita mengatur keuangan secara rinci dan berkala.

Bagi kamu yang bertanya-tanya apakah saat ini kondisi keuanganmu sehat atau tidak, berikut ini adalah 5 ciri-ciri keuangan dikatakan sehat.

Memiliki Dana Darurat

9liputan.com

Tak selamanya usaha kita berbuah keuntungan besar. Apalagi bagi pengusaha dan petani. Ada kalanya di musim “paceklik” usaha kita kembang kempis untuk bertahan. Untuk itulah pentingnya menyiapkan dana darurat sebelumnya.

Dana darurat juga ditujukan saat ada kebutuhan urgen seperti waktu ada anggota keluarga yang masuk rumah sakit, saat mengganti rugi waktu ada kesalahan kita, dan lain sebagainya.

Seberapa besar dana darurat kita? Yang paling disarankan oleh para ahli keuangan adalah 12x lipat dari penghasilan perbulan kita. Jadi semisal kita tidak ada pendapatan pun, masih bisa bertahan hidup untuk setidaknya selama satu tahun.

Terbebas Dari Hutang

futuready.com

Kesalahan keuangan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah terlalu mudah berhutang hanya untuk menuruti keinginan. Semisal ingin membeli motor terbaru, lalu diambilah kredit yang cicilannya tidak pernah kita perhitungkan.

KONTEN PARTNER: Baca Ini Supaya Jago Rumus Excel

Salah satu ciri keuangan yang sehat adalah terbebas dari hutang, atau paling tidak hutang itu adalah hutang produktif yang digunakan sebagai pengembangan usaha.

Jangan pernah melupakan hutang kita, dan mengutamakan keinginan untuk membeli sesuatu. Pada akhirnya hutang dan cicilan hanya akan mengganggu pos keuangan kita.

Uang Tunai yang Cukup

money.id

Kelebihan uangmu memang paling bagus untuk investasi. Tapi jangan semuanya hartamu kamu investasikan atau kamu konversikan menjadi benda dan uang elektronik. Salah satu ciri keuangan yang sehat adalah memiliki uang tunai paling tidak sebanyak 15% dari total hartamu.

Hal ini karena dalam kebutuhan hidup, hampir semuanya membutuhkan uang tunai. Dan saat ada kebutuhan mendesak, kamu tidak akan bisa menarik dana investasi atau yang telah kamu konversikan dalam bentuk lain dengan cepat dan mudah.

Perkembangan Harta

linkedin.com

Menurut banyak pakar keuangan, salah satu ciri keuangan kita dikatakan sehat adalah berkembangnya harta kita minimal 3 kali lipat gaji pertahun dalam kurun waktu 10 tahun.

Itu artinya jika gajimu pertahun mencapai 60 juta, maka perkembangan hartamu minimal harusnya bertambah sebanyak 180 juta dalam 10 tahun. Mengembangkan harta bisa dalam bentuk investasi, pengembangan usaha, atau paling tidak tabungan dari pendapatan yang disisihkan.

Mempunyai Asuransi

rudiyanto.blog.kontan.co.id

Semuanya paham bahwa menjalani hidup ini penuh resiko. Memiliki asuransi adalah cara kita untuk mengantispasi resiko yang bisa datang kapan saja. Tentu saja tidak harus banyak asuransi yang kita miliki, karena akan memberatkan neraca keuangan kita.

Pilih asuransi terpenting yang berkaitan dengan dengan kehidupan fundamental. Semisal asuransi jiwa, pendidikan anak, atau asuransi rumah produksi yang kita miliki.

Tinggalkan komentar