3 Macam Keunikan Suku Aborigin

Kelompok Aborigin terpencil dari kebudayaan yang berkembang di negeri lain, mereka harus mencari solusi untuk beradaptasi dengan lingkungan Australia yang unik dan keras.  Oleh karena itu, kebudayaan Aborigin sangat dipengaruhi dengan lingkungan alam. Australia, yaitu, pemandangan alam, binatang, dan sebagainya.

Masa kini, komunitas-komunitas Aborigin di seluruh Australia masih membuat lukisan serta menari dan main musik secara tradisional. Walaupun demikian, makin bertambah banyak kesenian Aborigin dipengaruhi teknik moderen. Misalnya, Cat akrilik dan kertas (bukan kulit kayu) digunakan untuk lukisan, dan tarian bisa dimainkan bukan hanya untuk tuntunan atau tontonan khusus Aborigin, tetapi juga untuk ditonton para wisatawan.

Tarian Suku Aborigin
www.australia.com

Musik dan Tarian Aborigin ada tiga jenis yaitu, lagu-lagu dan tarian untuk upacara ini tidak untuk hiburan, tetapi untuk tuntunan saja upacara-upacara itu biasanya untuk memperingati nenek moyang atau totem-totem dan khusus untuk laki-laki.

Jenis tarian dan musik yang kedua adalah “semi-suci”. Biasanya lagu-lagu musik dan tarian dibuat untuk upacara menuju dewasa bagi laki-laki muda, Pernikahan dan sebagainya. Musiknya dimainkan oleh laki-laki sementara perempuan khusus menari.

Jenis tarian dan musik ketiga adalah “non-suci.” Yaitu sebagai hiburan suku Aborigin. Lagu-lagu dan tarian ini bisa dimainkan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Musik dan tarian ini disebar luaskan diantara suku-suku. Jenis tarian dan musik ini menjadi keunikan bagi suku Aborigin dan suku-suku lainnya hingga sampai saat sekarang ini.

Sekian penjelasan tentang keunikan suku Aborigin. Semoga menambah wawasan kamu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar