Keunikan Suku Aceh yang Khas dan Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Keunikan Suku Aceh – Suku-suku yang berada di provinsi Aceh merupakan suku yang unik. Banyaknya variasi tradisi suku-sukunya menjadikan provinsi ini memiliki kekhasan yang menarik perhatian banyak orang.

Salah satu hal unik dari suku ini adalah seni sastranya yang menarik.  Aceh memiliki 80 cerita rakyat yang terdapat dalam bahasa Aceh, Aneuk Jame, Tamiang, Gayo, Alas, Haloban, dan Kluet.

Selain cerita rakyatnya yang sangat banyak, Aceh juga memiliki sastra puisi. Puisi khas Aceh ini biasa disebut juga dengan nama hikayat. Hikayat yang paling terkenal adalah tentang prang sabi.

www.negeripesona.com
www.negeripesona.com

Seolah-olah tak mau kalah di bidang seni tari, Aceh juga ternyata berkreasi di bidang seni ini. Sangat banyak tarian yang berasal dari suku-suku di Aceh. Beberapa jenis tari di antaranya adalah Seudati, Saman, Rapai Geleng, dan lain sebagainya.

Seni tarian adat Aceh biasanya dilaksanakan ketika mengadakan upacara-upacara adat. Sifatnya juga bukan sebagai tontonan umum melainkan sebuah ritual budaya sana.

Aceh juga memiliki keunikan yang khas di bidang seni rupa. Salah satu jenis seni khas Aceh yang terkenal adalah seni ukir membuat kaligrafi atau hiasan pada tikar, kopiah, dan sebagainya, serta mengolah besi menjadi senjata adatnya yang dikenal dengan Rencong.

Selain itu, masyarakat Aceh juga begitu menggemari benda-benda yang desainnya dibentuk dengan unsur seni seperti kipas, tudung saji, manik-manik, hiasan pakaian, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi singkat mengenai keunikan suku Aceh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar