Mengenal Berbagai Keunikan Suku Ambon

Keunikan Suku Ambon – Suku Ambon merupakan salah satu suku di Indonesia yang sangat unik. Suku ini dikenal memiliki hubungan kekerabat yang erat serta logat yang khas.

Dalam suku Ambon, dikenal istilah “Soa” atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah “Fam”. Kata Fam tersebut diambil dari bahasa Belanda yang berarti famili. Setiap soa kemudian memiliki pemimpin seorang kepala negeri atau bapak raja.

Kedudukan bapak raja akan bergilir secara turun temurun layaknya seorang raja di suatu negeri. Jabatan tersebut diwariskan oleh soa yang lebih senior kepada turunannya.

www.kasoartravel.com
www.kasoartravel.com

Di samping bapak raja, ada sebuah lembaga yang dikenal dengan Saniri Negeri yang dibagi menjadi 3 golongan. Yang pertama adalah raja putih, yang kedua adalah saniri negeri lengkap, dan yang ketiga adalah saniri negeri besar.

Beralih ke soal bahasa, bahasa asli suku Ambon yang biasa digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari sudah terpengaruhi oleh bahasa Melayu. Selain itu, bahasa Ambon juga digunakan sebagai pengantar untuk berkomunikasi antar suku di provinsi Maluku.

Profesi pekerjaan kebanyakan masyarakat Ambon adalah bercocok tanam. Mereka biasa menanam jagung, padi, ubi-ubian, sayuran, kacang, kopi, dan lain sebagainya.

Selain itu, tak jarang juga masyarakat Ambon yang membudidayakan sagu di hutan. Ada pula yang berprofesi sebagai nelayan karena kekayaan laut di Ambon sangat berlimpah.

Sekian informasi singkat tentang keunikan suku Ambon.

Satu pemikiran pada “Mengenal Berbagai Keunikan Suku Ambon”

Tinggalkan komentar