Orang Betawi Asli dengan Segala Keunikannya

Istilah Betawi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, Betawi adalah nama suku asli Jakarta. Penduduk asli Jakarta adalah orang Betawi. Mereka adalah masyarakat keturunan campuran dari ras serta suku yang berbeda, yang menetap di Jakarta dan menjadikan Jakarta menjadi rumah tinggalnya.

Banyak hal-hal unik yang menjadi ciri khas suku Betawi. Misalnya, orang Betawi terkenal ‘blak-blakan’ dalam bicara. Jadi jangan terkejut jika ngomong sama orang Betawi, apalagi sampai sakit hati atau marah. Budaya mereka memang ceplas-ceplos dan bagi mereka itu hal wajar.

Masih banyak hal mulai dari tradisi, budaya, atau kesenian dari suku Betawi yang mungkin bagi kita yang bukan orang Betawi merasa hal tersebut adalah hal yang unik. Berikut ini beberapa diantara keunikan suku Betawi

 

Musik Betawi

www.pinterest.com
www.pinterest.com

Keunikan yang pertama adalah tentang musik. Orang Betawi terdiri dari berbagai ras. Hal tersebut mempengaruhi genre musik orang-orang Betawi. Mereka menyerap jenis musik dari bermacam-macam ras, seperti dari bangsa kolonial Portugis dan Belanda, bangsa timur dan timur tengah. Bahkan Jawa pun ikut memperkaya khazanah musik orang Betawi. Tanjidor adalah kesenian khas Betawi menggunakan berbagai jenis alat musik, seperti Trombon, Klarinet dan Piston Tenor.

Tarian Betawi

korannonstop.com
korannonstop.com

Tarian asli Betawi sebenarnya adalah serapan dari tarian Jaipong yang berasal dari suku Sunda melebur bersama rancangan tarian lokal, dipadukan dengan busana yang biasa dipakai dalam pertunjukan tarian Cina. Mirip dengan Opera Beijing.

Busana pengantin Betawi

mulpix.com
mulpix.com

Nampaknya tradisi suku Betawi begitu terinspirasi dengan kebudayaan Cina. Mulai dari musik, seni tari, bahkan dalam hal busana dalam acara pernikahan pun banyak terpengaruh oleh tradisi dari Cina. Seperti yang sudah sering kita lihat, busana pengantin putri Betawi bertema tradisi Cina, seperti pakaian dominan berwarna merah lengkap dengan hiasan bordir-bordir, ditambah dengan rumbai-rumbai berwarna emas sebagai penutup kepala.

Demikian sedikit informasi tentang keunikan suku Betawi yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi kita yang bukan dari suku Betawi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar