Tak Terduga, Inilah 3 Keunikan Suku Dayak di Pulau Borneo

Bagi Anda yang pernah berlayar ke pulau Kalimantan, tentu tidak asing lagi dengan suku Dayak. Kemungkinan pula Anda akan merasa takjub tatkala Anda mendengar ternyata di suku Dayak terdapat hal-hal yang tak terduga.

Apa saja hal-hal unik yang tak terduga tersebut? Berikut ulasannya.

Suku Dayak itu Banyak

underground-samarinda.blogspot.com
underground-samarinda.blogspot.com

Bila Anda bermain, bersilaturahmi atau sekedar jalan-jalan ke pulau Kalimantan, tentu Anda akan menjumpai suku Dayak. Di sana, bisa jadi Anda semakin bingung karena Dayak yang ada di pikiran dan realitas memang berbeda.

Di pikiran kita, terbayang suku Dayak itu sebuah nama yang satu, tak ada lainnya. kenyataannya, suku Dayak itu banyak. Suku dayak menjadi bermacam-macam sub suku antara lain Dayak Kalsel, Dayak Kalbar, Dayak Kaltim dan yang lainnya masih terbagi-bagi sub.

Beda Suku, Beda Bahasa

kaskushootthreads.blogspot.com
kaskushootthreads.blogspot.com

Bila Anda mengira cukup menguasai satu bahasa Dayak saat berkunjung ke suku Dayak itu tak ada salahnya. Namun, itu belum terlalu cukup untuk menjalin komunikasi yang efektif.

Ya, di suku Dayak setiap subnya mempunyai bahasa tersendiri. Meskipun masih terdapat beberapa persamaan kata, namun tetap pula banyak perbedaan.

Sape

https://i.ytimg.com
i.ytimg.com

Tahukah Anda Sape? Anda benar. Sape adalah alat musik khas Dayak. Alat musik ini mirip sejenis gitar dengan petikan-petikan untuk menentukan nadanya. Itulah sape dengan bebeberapa dawai yang dapat menimbulkan kemerduan bunyi.

Itulah keunikan suku Dayak di pulau Kalimantan. Tak terbayangkan kan berapa banyaknya kekayaan Indonesia dalam hal budaya?

Itu saja hanya pembahasan seputar keunikan di salah satu suku di Indonesia yakni Dayak. Belum pembahasan suku-suku dari Sabang sampai Merauke.

 

Tinggalkan komentar