3 Keunikan Suku Toraja yang Bisa Kamu Temukan Jika Berwisata Ke Tana Toraja

Indonesia, selain terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya juga terkenal dengan segala kekayaan budayanya yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke. Banyak daerah-daerah yang memiliki kebudayaan yang unik menjadi tempat wisata yang terkenal dan indah. Sekarang, kita akan membahas salah satu suku dan tempat wisata yang memiliki banyak hal yang unik ketika kita berkunjung dan berwisata ke daerah ini.

Tana Toraja merupakan salah satu wilayah kabupaten yang berada di pulau Sulawesi, tepatnya di provinsi Sulawesi Selatan. Tana Toraja sendiri merupakan wilayah di mana orang-orang dari Suku Toraja tinggal. Suku Toraja terkenal dengan beberapa keunikannya yang berhasil memikat wisatawan untuk berkunjung ke Tana Toraja.

Ritual Pemakaman

Pemakaman Suku Toraja
kaskus.co.id

Hal yang paling unik yang bisa kita temukan di Tana Toraja adalah ritual pemakaman yang dilakukan oleh orang-orang Suku Toraja. Tidak seperti pemakaman pada umumnya, ritual pemakaman Suku Toraja terbilang rumit dan bisa menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Ritual pemakaman ini juga dilakukan berdasarkan status sosial orang atau keluarga yang meninggal. Semakin tinggi dan kaya orang tersebut, maka ritual pemakamannya akan semakin mahal dan mewah.

Hal unik yang bisa kita temukan dalam kegiatan ritual pemakaman ini adalah dilakukannya penyembelihan kerbau atau babi. Selain itu, ritual upacara pemakaman Suku Toraja ini dilakukan dengan tiga cara, yang pertama peti mati dimasukkan ke dalam gua, kedua peti mati dimasukkan dalam batu berukir, dan yang terakhir peti mati digantung di tepian tebing-tebing batu.

Rumah Adat

Rumah Adat Suku Toraja
kebudayaanindonesia.net

Tongkonan adalah nama dari rumah adat Suku Toraja yang terbuat dari susunan bambu atau seng. Sekilas rumah adat tongkonan ini terlihat seperti perahu. Biasanya di depan rumah terdapat lumbung padi yang disebut dengan alang. Tongkonan sendiri berarti duduk bersama-sama yang diambil dari kata  tongkon.

Hal unik dari tongkonan adalah selain sebagai tempat tinggal rumah adat khas orang Suku Toraja juga menjadi tempat penyimpanan mayat.

Ukiran dan Pahatan Suku Toraja

Motif Ukiran Suku Toraja
kompasiana.com

Keunikan dari Suku Toraja yang terakhir adalah motif-motif ukiran dan pahatan yang bisa kita temukan di Tana Toraja. Kurang lebih terdapat 67 jenis motif ukiran dengan berbagai corak dan pola.

Hal unik dari ukiran dan pahatan ini adalah masing-masing ukiran memiliki nama dan motif yang spesifik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Selain itu, ukiran dan pahatan ini juga dijadikan sebagai wadah komunikasi orang-orang Suku Toraja.

 

 

 

Tinggalkan komentar