6 Keunikan Tari Saman yang Menciptakan Daya Tarik Tersendiri bagi Banyak Orang

Indonesia dikenal memiliki beraneka ragam jenis budaya, salah satunya adalah tarian. Berbagai jenis tarian dari setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda. Masing-masing tarian tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki jenis tarian unik yang disebut tari saman. Tari saman ini adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo, Aceh yang mulai dikenal sejak abad ke-14. Tari saman ini sering pula disebut tari tangan seribu.

Tari saman memiliki beberapa keunikan ditinjau dari beberapa aspek. Keunikan tari saman tersebut antara lain:

1. Tari saman adalah salah satu tarian yang dimaksudkan sebagai media dakwah karena tarian ini mencerminkan keagamaan, pendidikan, sopan santun, kekompakan dan kebersamaan.

2. Tari saman umumnya ditampilkan tanpa iringan musik. Tarian ini menggunakan suara dari para penari dan gerakan yang dilakukan penari seperti tepuk tangan, memukul dada maupun paha.

3. Gerakan tari saman menggunakan dua unsur gerak yakni tepuk tangan dan tepuk dada. Uniknya tarian ini dikarenakan hanya menampilkan gerakan tepung tangan dan gerakan lain seperti gerak guncang, kirep lingan, dan lain-lain.

ranupatjeh1.blogspot.com
ranupatjeh1.blogspot.com

4. Tari saman biasanya dimainkan oleh para kaum laki-laki, akan tetapi seiring perkembangan zaman mulai banyak wanita yang memainkan tarian ini. Jumlah penari bervariasi umumnya antara 8 orang bahkan lebih.

5. Kostum yang digunakan untuk penari sama terbagi atas tiga bagian yakni pada kepala berupa bulung teleng, pada badan berupa baju pokok atau baju kerawang, cela dan kain sarung serta pada tangan berupa topeng gelang, sapu tangan.

6. Syair yang digunakan dalam tarian saman menggunakan bahasa Arab dan Aceh yang memuat pesan dakwah, nasihat maupun sindiran.

Beberapa hal diatas adalah sekian dari banyak keunikan tari saman. Bukan hanya unik dari segi gerakan yang dimainkan, akan tetapi tarian ini memiliki banyak keunikan baik dari segi kostum, penari, maupun paduan suaranya. Semoga kebudayaan Indonesia ini tetap terjaga dengan segala keunikannya.

 

Tinggalkan komentar