Keutamaan Bulan Dzulhijjah Di 10 Hari Pertamanya

Segala puja dan puji bagi Allah semata yang memberikan nikmatnya kepada kita yaitu nikmat sehat dan yang paling utama adalah nikmatnya iman. shalawat dan juga salam tak lupa kita ucapkan semoga tercurah limpahkan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad, kepada para keluarganya dan segenap sahabatnya.

Amalan-amalan yang Disyariatkan Di Bulan Dzulhijjah

keutamaan bulan dzulhijjah

Melakukan Ibadah Haji dan Ibadah Umrah

Amalan ini merupakan amalan yang sangat utama, hal ini berdasarkan dari berbagai hadits yang shahih yang memberikan keutamaannya, diantaranya sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam:

keutamaan bulan dzulhijjah hadist 1
Berpuas Ketika Hari-hari Tersebut, atau Di Sebagiannya,Utamanya di Hari Arafah

Sudah kita ketahui bahwa puasa merupakan salah satu amalan yang paling utama, dan juga dipilih oleh Allah untuk Nya. Hal ini disebut dalam hadist Qudsi:

keutamaan bulan dzulhijjah hadist 2

Mengucapkan Takbir dan Dzikir di Hari-hari Tersebut

Sesuai denga firman Allah Ta’ala.

keutamaan 10 hari pertama

Ahli tafsir menafsirkan ayat di atas dengan 10 hari dari bulan dzulhijjah. Sebab itu, ulama-ulama menganjurkan supaya memperbanyak dzikir di hari-hari itu, hal ini berdasarkan hadits yang berasal dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma.

keutamaan bulan dzulhijjah hadist 4

Imam bukhari rahimahullah mengucapkan bahwasannya Ibnu Umar dan Abu Hurairah Radhiyallahu anhuma, mereka berdua ke luar dari pasar di 10 hari tersebut dan mengucapkan takbir lalu semua orang pun mengikuti takbirnya. Ishaq Rahimahullah riwayat dari fuqaha, tabiin keitka hari-hari ini mengucap:

keutamaan bulan dzulhijjah 10 hari petama

Diutamakan untuk mengucapkan dengan suara yang keras saat di rumah, pasar, jalan, masjid, dan lainnya. Sesuai dengan firman Allah:

Tidak ada tuntunan bertakbir secara bersama-sama, dimana berkumpul di suatu majlis lalu mengucapkan dengan satu suara atau komando. Hal demikian itu tidak pernah dilakukan oleh para salaf. Sesuai sunnah yaitu bertakbir sendiri-sendiri. Hal ini berlaku di semua dzikir dan doa, kecuali sebab tak mengerti jadi dia harus belajar dengan ikut orang lain.

Taubat dan Meninggalkan Semua Maksiat dan Dosa

Yang bisa mendapat ampunan dan rahmat Allah. Maksiat merupakan sebab jauh dan terusirnya seorang hamba dari Allah, sedangkan ketaatan merupakan sebab seorang hamba dekat dan cinta kasih Allah kepada dirinya.

hadist abu hurairah

Banyak Beramal Sholeh

Shalat, jihad, sedekah, membaca Al Qur’an, amar ma’ruf dan nahi mungkar dan yang lainnya. Karena amalan-amalan itu ketika 10 dzulhijjah pahalanya dilipat gandakan. Bahkan sebuah amalan yang tak utama ketika hari itu menjadi lebih utama dan juga dicintai oleh Allah daripada amalan ibadah lainnya meski adalah amal ibadah yang utama, sekali pun jihad diamana merupakan amalan yang sangat utama, kecuali jihad orang yang tak kembali dengan hara serta jiwanya.

Disyariatkan Ketika hari Itu Untuk Takbir Muthlaq

Dilakukan setiap saat, siang atau malam hingga shalat Ied. Disyariatkan juga untuk takbir mukayyad, yang dilakukan setiap selesai shalat fardhu dilakukan secara berjamaah.

Berqurban Ketika Hari Raya Qurban dan Hari Tasyriq

Ini merupakan sunnah Nabi Ibrahim Alaihissalam, yaitu saat Allah menebus puteranya dengan sembelihan yang sangat agung. Hal ini diriwayatkan bahwa Nabi.

bulan dzulhijjah

Dilarang Untuk Mencabut atau Memotong Kuku dan Rambut Untuk Orang yang Akan Berqurban

Diriwayatkan oleh Muslim dan juga lainnya, dari Ummu Salamah Radialahuanha bahwa nabi bersabda.

hadist larangan memotong kuku dan rambut untuk orang yang qurban

Secara zahir larangan ini khusus untuk orang yang hendak berqurban saja. Tidak termasuk anak dan istrinya, kecuali keduanya berqurban juga. Boleh untuk membasahi rambut meski ada rambut yang rontok.

Melaksanakan Shalat Ied dan Dengar Khutbahnya

Semua orang muslim harus memahami hikmah disyariatkannya hari ini. Hari raya ini merupakan hari untuk bersyukur dan juga beramal kebajikan. Oleh karena itu, janganlah dijadikan sebagai hari untuk keangkuhan apalagi kesombongan.

Selain Hal yang Sudah Disebut Diatas

Baiknya seluruh umat muslim dan muslimah untuk mengisi harinya dengan melakukan ketaatan, syukur, dan dzikir kepada Allah, melaksanakan semua perintah dan kewajibannya dan menjauhi semua larangannya.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan hidayahnya dan memberikan petunjuk kepada kita jalan yang lurus. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad, kepada keluarga, dan para sahabat.

Tinggalkan komentar