Keutamaan Ibadah Umroh yang Dapat Menghapus Dosa Besar Serta Kefakiran

Umroh yang jika menurut bahasa artinya adalah berziarah ke tempat yang ramai, sedangkan jika menurut syara’ artinya adalah berkunjung ke tanah suci Mekkah (Kabah) untuk beribadah. Ada beberapa pendapat tentang hukum melaksanakan ibadah umroh ini.

Menurut Imam Abu hanifah dan Imam Malik hukum melaksanakan ibadah umroh adalah sunnah. Dan menurut Imam Syafii dan Imam Ahmad hukum melaksanakan umroh adalah wajib.

Maka dari itu setidaknya sekali seumur hidup melaksanakan ibadah umroh, dan hal itu ditunjukkan bagi mereka yang mampu. Karena ada banyak sekali keutamaan dari melaksanakan ibadah umroh ini. Berikut keutamaan ibadah umrah :

Umrah Merupakan Jihad

caravanistan.com
caravanistan.com

Sebagaimana ibadah haji umrah juga sebagai bentuk jihad umat muslim. Seperti yang dikatakan istri Rasul Siti aisyah kepada rasul saat bertanya apakah wanita juga perlu berjihad, dan Nabi besar Muhammad SAW menjawab bahwasannya seorang wanita wajib berjihad namun bukan dengan ikut berperang melainkan dapat dengan cara melaksanakan ibadah umroh dan ibadah haji. Hadist ini diriwayatkan oleh Ibdu Majah no 2901.

Ibadah Umrah Dapat Menghapus Dosa

menghapus
www.bbc.com

Keutamaan ibadah umrah yang kedua adalah sebagai penghapus dosa .Hal ini seperti yang telah disabdakan oleh baginda Rasulullah SAW yang berkata: bahwasanya seseorang yang melaksanakan ibadah umrah maka dosanya akan dihapuskan di antara umroh satu dan umroh yang lainnya.

Dan ketika seseorang menunaikan ibadah haji yang mabrur maka orang tersebut berhak mendapat hadiah surganya Allah. (HR Bukhori dan HR muslim).

Umrah Menghilangkan Kefakiran

kaya raya
pixabay.com

Ketika seseorang melaksankan ibadah umroh maka akan menghilangkan kefakiran, hal ini sesuai dengan hadist rasul yang diriwayatkan oleh An Nasai no. 2631 dan Tirmidzi no. 810, Serta Ahmad 1/387.

Dan menurut Syaikh Al Albani hadits ini merupakan hadist hasan shahih ketika seseorang melaksanakan ibadah haji dan mengikutkan ibadah umrah maka hal itu akan menghilangkan kemiskinan dan juga dosa yang telah diperbuat.

Seperti saat kita membakar emas dan besi untuk menghilangkan karat. Dan pahala untuk melaksanakan ibadah haji yang mabrur adalah surga.

 Ibadah haji dan juga umrah merupakan ibadah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, dan sebagai pelengkap iman seorang muslim karena keutamaan umrah ini sangat luar biasa.

Tinggalkan komentar