Keutamaan Infaq yang Akan Terus Melipat Gandakan Rizki

Berinfaq dan bersedekah merupakan suatu perbuatan yang mulia dan sangat dianjurkan bagi seorang muslim. Karena keutamaan infaq telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Lail ayat 17 hingga 18 yang menyebutkan bahwa orang yang bertaqwa serta mau menafkahkan hartanya untuk kebaikan maka akan terhindar dari neraka.

Dalam syariah Islam infaq dan sadaqoh merupakan cara untuk menyucikan harta benda yang kita miliki, hati dan juga untuk menghapus dosa-dosa di masa lalu yang telah kita lakukan serta masih banyak keutamaan infaq yang lain. Bagi orang yang mau mengeluarkan hartanya untuk infaq dan shadaqoh.

Ibarat sebutir benih yang akan menumbuhkan tujuh butir benih baru dan setiap butir benih akan menumbuhkan benih baru lagi hingga tumbuh benih baru yang tak terhingga jumlahnya. Dan allah akan memberikan pahala yang besar bagi setiap orang yang berinfaq dan bershodaqoh. Berikut beberapa keutamaan infaq :

kaya raya
pixabay.com

Pertama, orang bersedekah dan berinfaq berhak mendapat rahmat Allah. Seperti dijelaskan dalam surat al-A’raf ayat 56 bahwasanya kita dilarang berbuat kerusakan dibumi ketika Allah telah memperbaikinya, dan bagi orang orang yang mau berinfaq dan shodaqoh maka akan dekat dengan rahmat Allah.

Kedua, sedekah dan infaq memadamkan murka Ilahi. Diriwayat oleh Thabrani dan ibnu Asakir bahwasnya infaq dan shadaqoh meredam murka allah.

Ketiga, sedekah dan infaq menolak mati dalam keadaan suul khatimah (akhir yang buruk). Salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Al-Baiqi menyatakan bahwa dengan berinfaq dan sadaqoh akan menolak dari mati yang buruk atau suul khotimah.

Keempat, sedekah dan infaq menjadi sebab disembuhkannya penyakit. Hadist riwayat Ad Dailami dari Ibnu Umar menyebutkan bahwa sadaqah dan infaq dapat digunakan menyembuhkan orang sakit.

Kelima, sedekah dan infaq itu akan mendapatkan keberkahan dalam hidup dan tambahan rezeki. Pada salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Musli menyebutkan bahwa tidak akan mengurangi harta orang yang berinfaq dan shadaqah justru malah akan melipat gandakan rizkinya.

Demikian artikel tentang keutamaan Infaq. Dengan mengetahui keutamaan infaq semoga dapat memberi motivasi untuk berinfaq karena berapapun infaq yang kamu berikan akan bermanfaat bagi penerimanya.

Tinggalkan komentar