6 Keutamaan Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Muslim

Keutamaan membaca Al-Qur’an – Sudahkah kamu membaca Al-Qur’an hari ini? Atau malah lupa dan yang lebih parah melupakannya? Naudzubillah!

Ini juga sebagai pengingat diri saya pribadi, dulu waktu kecil kita selalu membawa mushaf ini, membaca dan mempelajarinya. Namun semakin kita dewasa, teman setia waktu kecil ini sekarang diabaikan .

Jangankan membaca, menyentuh atau meletakan Al-Qur’an di tempat yang baik pun kadang kita tidak mampu. Semoga kita tidak demikian ya…

Kenapa? Karena Al-Qur’an sebagai kitab petunjuk umat manusia memiliki banyak sekali keutamaan jika kita mau membacanya. Catet..membaca, belum lagi kalau kita mempelajari dan mengamalkannya. Sudah tentu akan semakin berlipat ganda pahala kita.

Nah, kali ini saya menulis tentang keutamaan membaca Al-Qur’an untuk kehidupan kita. Yuk..di simak…  🙂

Menjadi Manusia Terbaik

Sebagaimana sabda Nabi Agung Muhammad Sahallallahu’Alaihi Wasallam:

” Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya” (HR. Bukhari).

Tentu kamu kan menjadi manusia yang terbaik? Jangankan di mata Alloh, di mata manusia kita tentu ingin menjadi yang terbaik. Misalnya seorang siswa yang ingin menjadi terbaik dikelasnya. Dengan membaca Al-Qur’an setiap hari, kamu akan menjadi manusia terbaik di mata Alloh, Dzat yang menciptakan kita semua.

Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Alloh, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya” HR. Tirmidzi

Jadi sebuah kerugian yang besar jika kita melewatkan satu hari saja tidak membaca Al-Qur’an. Kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game, main sosmed, chating dan lain-lain, namun untuk membaca Al-Qur’an lima atau sepuluh menit saja masa ngga mampu?

Mendapat Kebersamaan Hidup Dengan Para Malaikat yang Suci dan Mulia

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang dia hafal, dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia. Sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang dia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala. (Muttafaqun’alaih)

Orang Tuanya Dipakaikan Mahkota Cahaya Kelak di Hari Kiamat

Dalam sebuah hadis disebutkan:

“Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, makan dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari nur dan sinarnya seperti sinar matahari. Dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yg nilainya tidak tertandingi oleh dunia..” (HR. Hakim).

Begitu luar biasa dan istimewanya orang-orang yang membaca Al-Qur’an. Ini juga sebagai bentuk bakti kita kepada orang tua, jika didunia kita tidak bisa membahagiakan orang tua, maka bahagiakan mereka diakhirat kelak.

Mendapat Syafa’at di Akhirat

“Bacalah Al-Qur-an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya” (HR-Muslim)

Sebagai manusia biasa kita tentu paham bahwa diri ini dipenuhi dengan dosa-dosa. Kelak pada saat hari dimana tidak ada naungan, yang bisa memberi pertolongan kepada kita hanyalah amal dan kebaikan kita.

Al-Qur-an sebagai makhluk Alloh akan memberi syafa’at kepada siapa saja yang membacanya tanpa pamrih ketika didunia.

Dibanggakan Oleh Alloh di Depan Para Makhluk Lainnya

Dari Abu Dawud, Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Tidak berumpul suatu kaum di salah satu rumah Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, sedang mereka mambaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat dan disanjung oleh Alloh di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya” (HR. Dawud)

Tinggalkan komentar