Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa merupakan rukun Islam yang wajib dikerjakan setiap kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Namun tidak hanya puasa wajib, karena puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena puasa senin-kamis adalah puasa sunnah yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana beliau bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampini dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, “Tangguhkan keduanya.” (HR. AHMADI)

Seperti dalam hadis tersebut Rasulullah sangat menyukai puasa Senin Kamis karena ternyata puasa sunnah tersebut memiliki banyak keutamaan di dalamnya jika seseorang mengerjakannya. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita sebagai umat muslim untuk melakukan puasa sunnah pada setiap hari Senin dan Kamis. Seperti yang telah disampaikan dalam sebuah hadis oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam kondisi berpuasa” (HR. TIRMIDZI)

Kata puasa di dalam hadist Rasulullah SAW tersebut mengandung makna secara umum yang maksudnya adalah puasa sunnah maupun wajib termaksuk puasa Senin Kamis ini. Dan itulah puasa yang disyariatkan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seseorang. Kemudian tidak hanya itu, berikut adalah keutamaan puasa Senin Kamis, di antaranya adalah:

Menguatkan Jiwa

islamgreatreligion.wordpress.com
islamgreatreligion.wordpress.com

Sesungguhnya dalam melakukan ibadah puasa manusia akan berhasil mengendalikan hawa nafsunya yang membuat jiwanya menjadi kuat. Bahkan manusia akan memperoleh derajat yang tinggi layaknya malaikat yang suci. Dan dalam hal ini tentu akan membuatnya mampu mengetuk dan membuka pintu-pintu langit sehingga segala doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Ada tiga golongan yang tidak ditolak doa mereka; orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. TIRMIDZI)

Dijamin Masuk Surga dan Terhindar dari Siksa Api Neraka

nitachristin.wordpress.com
nitachristin.wordpress.com

Sesungguhnya Allah SWT telah menyediakan surga untuk hambanya yang beriman, bertakwa dan beramal sholeh. Dan disanalah mereka akan abadi dengan kenikmatan yang Allah SWT sediakan untuknya. Karena itu tidak ada tempat yang paling baik dan paling indah sebagai tempat kembali di akhirat nanti, kecuali surga.

Karena surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hambanya yang selalu bertakwa di jalannya. Kemudian tidak hanya itu, selain dijamin masuk surga keutamaan berpuasa pada hari Senin dan kamis adalah terhindar dari siksa api neraka.

Menyehatkan Badan

2.bp.blogspot.com
2.bp.blogspot.com

Menyehatkan badan adalah keutamaan selanjutnya yang terdapat di dalam puasa Senin Kamis. Karena Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh Rasulullah SAW tetapi sudah dibuktikan juga oleh ahli kesehatan di dunia yang membuat kita tidak perlu meragukannya lagi. Ahli kesehatan berkesimpulan bahwa pada saat tertentu perut memang harus diistirahatkan dari bekerja dalam hal memproses makanan yang masuk.

Sebagaimana halnya sebuah mesin juga harus diistirahatkan, bahkan dalam syariat Islam isi perut seseorang memang harus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu dengan pembagian sepertiganya untuk makanan, sepertiganya untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk udara.

Mengingat dan Merasakan Penderitaan Orang Lain

cintamajlis.com
cintamajlis.com

Dengan merasakan lapar dan haus, tentu dapat memberikan pengalaman dan pelajaran kepada kita semua bagaimana beratnya penderitaan yang dirasakan oleh orang lain yang tidak bisa merasakan makan dan minum disetiap harinya.

Sebab pengalaman lapar dan haus yang kita rasakan akan segera berakhir hanya dalam beberapa jam saja. Sementara penderitaan orang lain entah sampai kapan akan berakhir? Demikianlah pemaparan mengenai puasa sunnah Senin Kamis semoga dengan banyaknya keutamaan di dalam puasa tersebut dapat menjadikan kita sebagai umat muslim lebih rajin mengerjakannya dan tidak puasa wajib saja.

Tinggalkan komentar