Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid Beserta Dalilnya dalam Islam yang Wajib Kamu Ketahui

Keutamaan shalat berjamaah – Seorang laki laki sangat dianjurkan untuk melakukan shalat berjamaah di masjid setiap harinya, hal ini dapat menunjukkan syiar islam kepada orang lain dan juga sebagai wujud persatuan antara muslim satu dengan muslim lainya, yang mana ketika umat islam rajin shalat dimasjid berjamaah akan sangat ditakuti para musuh islam.

Oleh karena itu dibawah ini akan kita bahas mengenai 7 keutamaan shalat berjamaah dimasjid bagi laki-laki muslim lengkap dengan dalinya, baiklah langsung saja kita bahas berikut ini.

Keutamaan Shalat Berjamaah

Berikut dibawah ini adalah pembahasan mengenai 7 keutamaan shalat berjamaah, semoga apa yang saya bagikan dibawah ini dapat bermnafaat dan menambah motivasi kita semua untuk selalu giat melaksanakan sholat berjamaah di masjid

1. Pahala Langkah Kaki

langkah kaki sholat berjamaah

“Seorang yang berjalan ke mesjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan dinaikan satu derajat oleh ALLAH SWT” (HR.Ibnu Majah & Muslim)

Maka dari itu pada saat hendak pergi dan pulang dari masjid disunnahkan untuk mengambil jalan yang berbeda, tidak menggunakan jalan yang sama.

Hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap otak manusia yang mencoba hal baru guna meningkatkan kreativitas secara tidak langsung.

2. Mendapat Pahala Menunggu Waktu Shalat

naungan sholat berjamaah

Keutamaan shalat berjamaah yang kedua adalah dapat pahala menunggu waktu sholat, Banyak diantara kita yang berangkat ke masjid yang on-time atau pas adzan baru berangkat dengan alasan ada aktivitas yang nanggung atau biar efisien waktu nya. Tapi yang luar biasanya ternyata,

Ketika kita datang lebih awal ke mesjid untuk menunggu datangnya waktu shalat, kita sebenarnya mendapatkan pahala yang besar, dan sebaiknya gunakan waktu menunggu itu untuk berdzikir dan sekalian beristirahat dari pada nongkrong diwarung pada sesaat sebelum datangnya waktu shalat.

“Orang yang menunggu shalat dimesjid akan diberi pahala seperti shalat” (HR.Bukhari)

Hadist tersebut mengatakan jika kita menunggu waktu datangnya shalat dimesjid maka waktu menunggu nya tersebut akan diberi pahala seperti pahala shalat. Coab lakukanlah, dan rasakan manfaatnya, dan yang terpenting itu adalah sunnah.

3. Selalu Di do’akan oleh Malaikat

doa malaikat sholat berjamaah

Keutamaan shalat berjamaah yang ketiga yaitu di doakan malaikat, Malaikat pun berdoa “Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah ampunilah dia” tanpa henti sampai waktu shalat tiba. Malaikat akan berdoa seperti itu kepada orang-orang yang menunggu datangnya waktu shalat berjamaah di masjid.

4. Mendapat Perlindungan di Hari Kiamat

“Ada tujuh golongan yang dinaungi kelak. Dan satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang-orang itulah yang akan mendapatkan perlindungan dari Allah saat kiamat kelak” (HR. Bukhari)

5. Doa Malaikat untuk shaf pertama

keutamaan shalat berjamaah

Tentunya jika kita datang lebih awal ke mesjid untuk shalat berjamaah, kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih salah satunya mendapatkan shaf pertama, sebagaimana disebutkan :
“Sesungguhnya para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama” (HR. Ibnu Hibban)

Menanggapi sabda Beliau (Rasulullah SAW) , para sahabat bertanya , “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua wahai Rasulullah ?”

Kemudian Rasulullah berkata , “Juga kepada orang-orang di shaf kedua .”
(HR. Ahmad dan Ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

6. 119 Pahala Dan Subuh

Ciri orang munafik salah satunya adalah tidak bisa melaksanakan shalat subuh berjamaah.
Keutamaan Shalat Berjamaah pada waktu subuh itu akan mendapatkan pahala sebanyak 119 kali dibandingkan Shalat Munfarid. sebagaimana hadist menyebutkan,

“Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri” (HR. Muslim)

7. 59 Pahala Dan Isya

Tidak melaksanakan shalat isya merupakan salah satu dari sekian banyak ciri orang munafik, karena pada waktu ini orang munafik akan menyepelekan shalat isya dikarenakn waktu isya yang sangat panjang dan waktu ini pula orang mulai beristirahat.
Padahal seberapa panjang waktu shalat tersebut, umur manusia tidak ada yang tau, maut bisa datang kapan saja. sebagaimana hadist mengungkapkan seberapa besar pahala shalat berjamaah isya.
“Seseorang yang melaksanakan shalat isya berjamaah , maka dia akan mendapatkan pahala 59 kali lipat” (HR. Muslim)

shalat berjamaah

Tinggalkan komentar