Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Lakukan 6 Hal Ini

Pernahkan ketika kamu sedang bekerja dengan laptop dan tiba tiba huruf a tidak bisa berfungsi atau bahkan semua fungsi tombol keyboard tidak berfungsi? Pasti hal tersebut mengganggu pekerjaan kamu dan membuatmu kesal. Tenang, kamu harus tetap menahan emosi, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan jika tiba tiba tombol keyboard kamu tidak berfungsi.

 

Mengecek Kotoran di Keyboard

nydailynews.com
nydailynews.com

Miringkan laptop kamu 45 sampai 75 derajat. Goyangkan pelan pelan. Bisa saja kotoran kotoran sisa snack yang kamu makan sambil bekerja tadi masuk di sela sela keyboard kamu. Biasanya masalah ini terjadi di laptop keluaran lama, tapi juga masih mungkin terjadi di laptop baru.

Jika kamu mempunyai vacuum cleaner yang khusus untuk keyboard kamu bisa mengambil sisa sisa kotoran tadi dengan mudah. Jika satu ada dua tombol macet karena tumpahan soda, kamu bisa mengelapnya dengan kain atau tisu. Kamu bisa gunakan pengering rambut untuk membuatnya menjadi kering. Jika tumpahan soda telah mengering, maka kamu harus membersihkan dengan kain yang telah dibasahi terlebih dahulu. Usapkan pada bagian yang mengering sampai tumpahan tersebut hilang. Jika keyboard kamu terkena tumpahan minuman yang cukup banyak maka sebaiknya buka tutup tombol keyboard kamu dan keringkan secara menyeluruh.

Restart Laptop

wisegeek.com
wisegeek.com

Melakukan restart pada laptop dapat memperbaiki berbagai masalah pada laptop kamu. Jika kamu mengalami masalah pada keyboard, Pencet tombol power pada laptop, tahan 10-15 detik sampai laptop mati. jika setelah menyala keyboard laptop tetap tidak bisa digunakan maka kamu sebaiknya mencoba cara cara berikutnya.

Driver Bermasalah

imgur.com
imgur.com

Masalah ini muncul biasanya karena kita menginstall driver dari pihak ketiga dan laptop kita tidak pernah dimatikan pada waktu yang lama.

Periksalah Driver Manager pada lapto kamu. Jika pada barisan terdapat tanda berwarna kuning atau ikon keyboard tidak muncul maka kamu harus segera menuju web ofisial dari perusahaan yang memproduksi laptop kamu, kemudian download dan install driver keyboard yang sesuai dengan tipe laptop kamu. Pilih untuk mendownload driver keyboard yang paling baru.

Keyboard Ekseternal

imgur.com
imgur.com

Jika semua yang kamu lakukan tidak bisa membuat keyboard kamu kembali bekerja dengan normal, dan kamu harus menyelesaikan pekerjaan kamu segera maka kamu harus segera mencari keyboard ekseternal yang biasanya ada pada PC Desktop. Walaupun kelihatanya kurang elegan tapi kamu bisa menyelesaikan tugasmu tepat waktu. Lalu setelah semua pekerjaan telah selesai kamu bisa mulai memperbaiki keyboad laptop kamu lagi.

Bad Connection

newproducts_aug13_03_lrg
nydailynews.com

Kadang keyboard mengalami kerusakan sambungan dengan motherboard dari laptop sehingga membuat keyboard kamu tidak berfungsi sama sekali atau beberapa tombol mengalami kerusakan. Jika kamu seoarang yang ahli di bidang komputer, kamu bisa membuka penutup keyboard dan menyambungkan kembali kabel keyboard dan motherboard. Jika kamu bukan seorang yang ahli dibidang komputer kamu bisa melihat buku manual laptop kamu di website resminya untuk mengetahui cara membuka dan menyambungkan kembali keyboard dan motherboard. Jika kamu benar benar tidak mengetahu cara membuka laptop, sebaiknya kamu menggunakan jasa servis laptop terdekat.

Keyboard Bermasalah

ytimg.com
ytimg.com

Jika laptop kamu masih dalam masa garansi atau kamu memiliki perpanjangan garansi, coba tanyakan kepada perusahaan yang memproduksi laptop kamu. Jika kamu ternyata menerima keyboard yang telah rusak dari pabrik, kamu bisa mengganti menuju ke service centre terdekat untuk mengganti keyboard laptop kamu secara gratis. Sebelum kamu menyerahkan laptop kamu ke service centre sebaiknya kamu backup dulu data data penting yang kamu miliki, atau kamu bisa mengambil hardisk kamu. Tindakan ini harus kamu lakukan sehingga nantinya jika penggantian produk membutuhkan waktu yang lama, kamu masih bisa bekerja dengan data yang berada di dalam hardisk kamu.

 

Tinggalkan komentar