Khasiat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Daun beluntas sebenarnya memiliki banyak nama tergantung nama daerah tersebut. Di Jawa daun ini bernama Luntas, Sumatra “beluntas”, Timor & NTT “Lenabeau” sedangkan di Sulawesi di sebut dengan nama Lemotasa. Pada daun ini terdapat kandungan zat seperti pluchine, saponin, asam kafeoikuinat, flavonoid dan polifeil. Secara tradisional daun beluntas biasa digunakan sebagai obat-obatan alami yang dapat menghilangkan bau badan, obat batuk, anti septik, menghilangkan keputihan, mengobati nyeri dll.

beluntas-leaf
beritahati.com

Berikut ulasan manfaat daun beluntas untuk kesehatan :

1. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari terutama jika berhubungan dengan kehidupan sosial tentunya hal tersebut sangatlah terganggu. Baik itu pria ataupun wanita pasti pernah mengalami hal tersebut yang akan mengurangi rasa percaya diri. Dengan daun inilah permasalahn bau badan bisa diatasi. Caranya kamu hanya perlu meminum air rebusan daun tersebut secara rutin.

2. Menghilangkan Keputihan

Manfaat berikutnya yaitu bisa menghilangkan keputihan bagi kaum hawa. Zat yang terkandung di dalam daun ini akan langsung menghentikan keputihan dalam waktu yang singkat. Selain bisa menghilangkan keputihan bisa juga mengurangi rasa nyeri pada haid.

3. Mengobati Nyeri Pinggang

Masalah nyeri pinggang biasanya dialami oleh mereka yang telah lanjut usia, namun pada kenyataanya masalah ini bisa dirasakan siapa saja dan tentunya hal ini sangat menggangu aktivitas kita sehari-hari. Untuk mengatasinya rebuslah daun beluntas dan minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

Tinggalkan komentar