Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

Jagung merupakan tanaman sering dijumpai di banyak daerah di Indonesia, karena ia merupakan salah satu sumber karbohidrat selain tanaman padi maupun gandum. Di beberapa wilayah Indonesia bagian timur jagung adalah makanan santapan sehari-hari, bahkan beberapa negara di wilayah Amerika Tengah atau Selatan jagung sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakatnya.

Namun tahukah kamu bahwa bagian-bagian jagung yang sering dibuang ternyata mempunyai manfaat tersembunyi. Selama ini bagian jagung yang dimanfaatkan oleh manusia hanyalah bagian tongkolnya yang disana terdapat juga bijinya. Padahal bagian lainnya dari jagung mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Ialah bagian rambut jagung, yang selama ini diabaikan ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu apa khasiat tersembunyi dari rambut jagung ini?

Mengobati batu ginjal

www.bintang.com
www.bintang.com

Dengan memanfaatkan ramuan dari air rambut jagung dicampur bahan-bahan lainnya ternyata berkhasiat mengobati batu ginjal, caranya adalah :

Siapkan jagung muda yang masih segar 4 buah, ditambah 1 genggam rambut jagung, tambahkan pula 8 helai daun keji beling yang masih segar. Rebus bahan-bahan tersebut diatas air kurang lebih 110 ml sampai mendidih, biarkan dingin. Dalam keadaan dingin, minum ramuan tersebut sekali sehari kurang lebih selama 14 hari. Jika batu ginjal ke luar (baik dalam wujud butiran ataupun buih), boleh untuk berhendi minum ramuan ini.

Meluruhkan batu empedu

www.merdeka.com
www.merdeka.com

Rambut jagung yang selama ini dibuang ternyata berkhasiat untuk mengatasi sakit batu empedu. Pertama siapkan rambut jagung kurang lebih 30 gr. Rebus dengan air bersih sampai mendidih, lalu saring air rebusan tersebut lalu biarkan dingin airnya. Setelah dingin saring kembali air rebusan tersebut kemudian minum. Bisa diminum rutin sekali sehari.

Obat hipertensi

www.lacaridad78.com
www.lacaridad78.com

Siapkan bahan-bahan berikut :

Jagung yang masih muda 5 – 7 buah dan segenggam rambut jagung. Lalu rebus kedua bahan tersebut dengan 110 ml air bersih hingga mendidih. Setelah mendidih, biarkan air ramuan tersebut menjadi dingin. Setelah dingin barulah minum ramuan hasil rebusan tersebut satu kali sehari selama satu pekan.

Yang perlu diperhatikan ketika membuat ramuan untuk menurunkan tekanan darah ini, yaitu jangan menggunakan rambut jagung dengan jumlah yang terlampau banyak. Karena bisa berakibat penurunan tekanan darah yang cukup signifikan.

Meredakan panas dalam

konsultasisehat.com
konsultasisehat.com

Siapkan irisan daun pandan ditambah 30-40 gr rambut jagung, lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan air sampai mendidih. Setelah mendidih, biarkan air ramuan itu dingin. Setelah dingin silahkan diminum secara rutin sampai panas dalam reda.

Rambut jagung yang selama ini dipandang sebelah mata, bahkan kebanyakan sering dibuang ternyata memiliki kandungan manfaat yang begitu banyak. Maka dari itu manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan komentar