Ingin Kinerja Smartphone Android RAM 1 GB Kamu Semakin Ringan dan Cepat? 5 Tips Jitu Ini Bisa Kamu Coba

Di zaman yang serba teknologi ini, spesifikasi tinggi pada sebuah smartphone Android adalah sebuah keharusan. Karena memang rata-rata aplikasi Android terbaru memerlukan spek tinggi untuk menunjang fitur-fiturnya.

Idealnya untuk menunjang aplikasi terbaru sebuah smartphone Android mempunyai RAM sebesar 2 GB. Namun untuk kamu yang masih mempunyai smartphone Android dengan RAM 1 GB tidak usah berkecil hati.

Karena pada kesempatan kali ini kita akan memberikan tips untuk bisa bikin smartphone Android RAM 1 GB kamu tetap bisa ringan dan ngebut untuk dipakai. Langsung saja, yuk simak dengan seksama.

Root Smartphone Android Kamu!

makeuseof.com

Jika ingin smartphone kamu semakin ringan, maka hal yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah root Androidnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan mempunyai akses tak terbatas untuk menambah, menghapus, dan mengubah segala hal yang terdapat dalam sistem Android smartphone kamu.

Untuk ngeroot smartphone Andorid, kamu bisa membaca artikel-artikel yang membahas akan hal itu. Baik di majalah tekno atau di internet sudah banyak terdapat panduannya.

Ganti Launcher Bawaan Smartphone Android Kamu!

bestofmicro.com

Launcher bawaan smartphone Android seperti ZenUI dari ASUS atau TouchWiz UI memang mempunyai banyak fitur. Namun biasanya launcher bawaan smartphone Android ini juga memakan banyak RAM. Agar tidak terlalu berat, kamu bisa menggantinya dengan launcher yang lebih ringan. Contohnya seperti Zero Launcher.

Dengan memakai launcher yang lebih kecil dan ringan, RAM serta memori internal kamu nggak akan terlalu berat dan kepenuhan lagi. Meskipun ringan, Zero Launcher mempunyai banyak fitur keren yang nggak kalah dengan launcher bawaan smartphone Android kamu.

Buang Semua Aplikasi Bawaan “Bloatware” yang Tidak Kamu Perlukan!

jalantikus.com

Biasanya di setiap smartphone Android terdapat banyak sekali aplikasi bawaan yang terinstall ketika pertama kali kamu membeli smartphone baru. Biasanya berbagai aplikasi tersebut tidak bisa diuninstall atau dihapus.

Selain bisa bikin memori internal smartphone Android kamu jadi makin penuh, ternyata aplikasi bawaan ini juga kerap kali menguras RAM. Nah, kamu bisa memakai aplikasi System App Remover untuk menghapus berbagai macam aplikasi bawaan di smartphone Android kamu tersebut.

Tambah RAM Kamu dengan Aplikasi Greenify

mysoftwared.blogspot.com

Jika RAM yang terdapat di smartphone kamu dirasa karung, maka kamu bisa menambahnya dengan sebuah aplikasi Android. Dengan aplikasi Greenify, kamu bisa membuat RAM smartphone Android kamu menjadi lebih ringan dan lega. Jika hal ini dilakukan, tentu kamu bisa melakukan berbagai kegiatan di smartphone kamu dengan lancar.

Gunakan Smartphone Android Kamu Seperlunya

kdvr.com

Jika kamu mempunyai kapasitas RAM smartphone yang kecil, kamu tidak bisa melakukan terrlalu banyak aktivitas dalam satu waktu (multitasking) di smartphone Android kamu.

Selain itu, kamu juga tidak bisa membuka terlalu banyak aplikasi dalam satu waktu. Oleh karena itu, kamu harus lebih cerdas dalam menggunakan smartphone kamu. Sehingga RAM smartphone Android kamu yag hanya 1 GB tidak akan terasa berat.

Contohnya ketika kamu lagi asyik main game, maka kamu harus mematikan dulu aplikasi chatting seperti LINE, BBM, Whatsapp, dan sebagainya. Atau ketika kamu sedang asyik mendengarkan musik, maka kamu harus menutup dulu aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Path, dan yang lainnya.

Demikian penjelasan mengenai tips sederhana untuk bisa bikin smartphone Android RAM 1 GB kamu menjadi lebih ringan dan cepat. Semoga tips ini bermanfaat ya dan bisa kamu aplikasikan dengan segera.

Tinggalkan komentar