Kisah Sukses Achmad Zaky CEO Bukalapak.com

Achmad Zaky adalah pria dibalik berdirinya perusahaan e-commers Indonesia yang kita kenal dengan bukalapak.com. 6 tahun silam zaky hanyalah seorang pria yang gemar mengotak-atik program komputer. Orang sekitarnya pun acuh tidak menghiraukan kegiatan dan hobinya yang betah berlama-lama duduk di depan komputer. Namun, kini namanya senter terdengar ditelinga kita dengan  dirilisnya situs Bukalapak.com, sebuah perusahaan e-commers berhasil menggebrak pasar dunia maya.

Pria yang lahir di Sragen ini, sangat gandrung dengan dunia maya sejak masih menyandang gelar pelajar, tepatnya saat duduk di bangku SMA. Sejak saat itulah beliau semakin akrab dengan komputer, terutama software. Kematangan beliau terhadap pemrogramam membuatnya banyak sekali menciptakan program -program yang jumlahnya sudah tidak terhitung.

Setelah memasuki bangku kuliah di progam studi informatika, Institut Teknologi Bandung hobinya semakin berkembang dan berhasil menghasilkan pundi-pundi rupiah dari membuat program-program. Beliau mengaku banyak mengerjakan proyek-proyek software yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar. Dari mengerjakan proyek-proyek inlah beliau bisa menggantungkan hidupnya untuk 2-3 bulan.

buka lapak
www.youtube.com

Setelah lulus kuliah, beliau sempat menganggur selama satu tahun. Namun, proyek-proyek software selalu ada, sehingga bisa dikatakan tidak menganggur total. Melalui analisis sederhana akhirnya Zaky dan temannya Nugroho Herucahyono memutuskan merintis Bukalapak.com pada tahun 2009.

Usahanya marketpalce ini dibilang tidak membutuhkan modal yang besar, hanya bermodalkan biaya hidup yang bisa Zaky dapat dari proyek-proyek software. Singkat cerita pada awal tahun 2010, tidak kurang dari 10.000 pelaku UMKM bergabung dengan buka lapak untuk memasarkan produknya.

Pada 2015 kemaren bukalapak.com berhasil mengumpulkan total pelaku UMKM sebanyak 500.000 dari seluruh Indonesia, kenaikannya sangat luarbiasa.

Zaky menghintung pengunjung situsnya tidak kurang dari 1 juta pengunjung dengan nilai perputaran uang 4-5 Miliar per hari. Zaky mengaku sangat senang bisa membantu masyarakat luas untuk mengembangkan usaha mereka dan berharap bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Demikianlah repotase kisah sukses Achmad Zaky, semoga dapat menginspirasi kita semua.

 

Tinggalkan komentar