5 Kisah Inspiratif Islami untuk Bahan Cerita Anak Sebelum Tidur

KISAH INSPIRATIF ISLAMI – Buat para orang tua menemani anak saat hendak tidur adalah kegiatan yang menyenangkan. Sebab saat itu adalah momen yang sangat penting untuk menambah kedekatan batin dengan buah hati. Selain itu, di waktu jelang tidur ini, orang tua bisa bercerita atau mendongeng dengan kisah inspiratif islami atau pun kisah-kisah lainnya.

Harapannya, dengan dengan cerita yang baik pada anak, teladannya bisa terserap oleh alam bawah sadar anak. Dengan begitu, secara tidak langsung kegiatan mendongeng ini bagus sebagai cara mendidik anak sejak dini. Kamu bisa ceritakan kisah-kisah yang mengajarkan tentang kejujuran, keberanian, kebaikan hati dan nilai-nilai baik lainnya ini.

Untuk jenis kisah inspiratif islami yang cocok untuk anak-anak, kamu bisa pilih cerita-cerita seperti berikut ini.

 

Cerita Para Nabi dan Rasul

youtube.com
youtube.com

Bercerita mengenai para nabi dan rasul adalah pilihan dongeng yang baik. Sebab banyak teladan yang bisa kamu ajarkan pada buah hati kamu. Kamu bisa ceritakan tentang kisah Nabi Muhammad SAW, kisah Nabi Sulaiman, cerita Nabi Musa, dan para nabi serta rasul lainnya.

Dengan begitu anakmu pun bisa mengenal para utusan Allah ini. Harapannya, dengan sejak dini mendengarkan kisah-kisah para rasul ini, anak akan menjadikannya sebagai idola dan teladan.

Ini juga sebagai cara untuk mendidik anak secara islami. Sebab sejak kecil anak sudah dibiaskan untuk “dekat” dengan para nabi dan rasul. Ingatan anak yang sangat kuat ini akan membuat cerita-cerita para Rasul Allah ini akan terus menancap hingga kelak dewasa.

Cerita Sahabat Nabi

youtube.com
youtube.com

Selain bercerita mengenai para nabi dan rasul, orangtua juga bisa memilih untuk menceritakan kisah para sahabat nabi. Banyak para sahabat nabi yang bisa diceritakan. Supaya anak juga bisa lebih dekat dengan ajaran agama Islam serta bisa mengambil inspirasi dari teladan para sahabat nabi ini.

Anak bisa mencerap dan belajar sifat kejujuran dari seorang Abu Bakar As Siddiq, keberanian dari Umar bin Khattab, kedermawanan dari sahabat Utsman bin Affan, dan keadilan Ali bin Abi Thalib. Begitupun dengan kisah dari para sahabat dan pengikut nabi lainnya.

Cerita tentang Mekkah dan Madinah

play.google.com
play.google.com

Bercerita mengenai tempat suci umat Islam bisa membuat anak untuk kian mencintai ajaran agamanya ini. Sebagai orangtua, kamu bisa ceritakan mengenai tempat-tempat suci umat Islam. Seperti misalnya Mekkah dan Madinah.

Di Mekkah adalah tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW dan kota Madinah adalah tempat berhasilnya penyebaran Islam yang dilakukan Rasulullah hingga berkembang ke seluruh dunia seperti saat ini.

Cerita Anak Islami yang Penuh Nilai Keteladanan

play.google.com
play.google.com

Banyak kisah-kisah anak islami yang penuh dengan keteladanan yang bisa kamu ceritakan pada anak-anakmu. Seperti misalnya kisah yang mengajarkan tentang kejujuran, kebaikan, patuh pada orang tua, suka menolong, bertanggung-jawab, cinta Allah, cinta Rasul, dan lainnya.

Kamu bisa dapatkan cerita anak islami ini dari buku-buku cerita anak yang banyak dijual di toko buku, maupun dengan mencari kisah islami ini di internet.

Cerita Fabel atau Binatang

yusuf-asyhari.blogspot.com
yusuf-asyhari.blogspot.com

Masih ingat bagaimana cerita si kancil waktu kamu masih kecil? Ya itu yang disebut dengan fabel. Kamu juga bisa ceritakan kisah mengenai binatang ini sebagai dongeng untuk pengantar tidur anakmu. Banyak cerita yang bisa kamu sampaikan, seperti tentang cerita kura-kura, harimau, rusa, dan juga hewan-hewan lainnya.

Jangan lupa di setiap akhir cerita, kamu sampaikan pesan moral dari cerita tersebut. Biar anak bisa memahami dan mencernanya sekaligus menjadikannya sebagai prinsip dalam hidup.

Ya itulah jenis kisah dan cerita inspiratif islami yang bisa kamu jadikan bahan untuk dongeng jelang tidur anak. Kisah-kisah seperti ini akan sangat berperan dalam membentuk jiwa anak yang baik dan islami. Walau kegiatan mendongeng itu kelihatannya sepele, tapi besar pengaruhnya untuk perkembangan anak di fase-fase selanjutnya.

Tinggalkan komentar