in

Ringkasan Kitab Sutasoma yang Perlu Kalian Ketahui!

kitab sutasoma
ruanasagita.blogspot.co.id

KITAB SUTASOMA РKitab Sutasoma ialah kitab yang merupakan karangan dari Mpu Pranca ketika masih berada di zaman Kerajaan Majapahit begitu berarti untuk bangsa Ini. Karena, semboyan-semboyan Negara Republik Indonesia Bhinneka Tunggal Ika itu diambil dari isi Kitab ini.

Kemudian timbul lah pertanyaan-pertanyaan, sebenarnya apa isi dari kitab Sutasoma ini? Apakah diantara teman-teman sudah ada yang mengetahuinya? jikalau belum maka dibawah ini akan ada sedikit pembahasan tentang Kitab Sutasoma yang mana pembahasan tersebut untuk menjawab dan mengobati rasa penasaran yang ada mengenai Kitab Sutasoma.

berikut ini ringkasan Kitab Sutasoma. Yuk, langsung saja kita simak ringkasan tersebut.

Ringkasan Kitab Sutasoma

kitab sutasoma
ruanasagita.blogspot.co.id

Buddha menitis dan bereinkarnasi kepada putra raja Hastina, Prabu Mahaketu. Putra sang raja ini bernama Sutasoma. Sutasoma putra sang raja ini begitu sangat rajin beribadah, cinta sekali dengan agama Buddha

Karena tidak suka ketika akan dinikahkan dan diangkat menjadi raja, maka ketika itu pada suatu malam Sutasoma ini melarikan diri atau kabur dari kawasan negara Hastina. Sesudah kepergian sang pangeran, muncul lah huru-hara didalam istana, kemudian sang raja dan sang permaisuri pun sangat sedih.

Sesampainya ia didalam hutan, Sutasoma ini melakukan sembahyang atau ibadah didalam sebuah kuil. Tidak lama Kemudian datanglah Dewi Widyukarali yang mengatakan bahwa ibadah yang dilakukan oleh pangeran sudah diterima dan dikabulkan oleh para dewa.

Kemudian sesudah itu sang pangeran langsung mendaki pegunungan Himalaya yang diantar oleh beberapa orang pendeta. Setibanya di sebuah pertapaan, sang pangeran sutasoma pun mendengarkan sebuah riwayat cerita seorang raja yang mana cerita tersebut menceritakan hidup kembalinya seorang raksasa yang senang memakan manusia.

Alkisah ialah seorang raja yang bernama Kalmasapada atau purusda. Syahdan pada suatu waktu daging persediaan makanan sang prabu, hilang dan habis ditelan oleh binatang anjing dan babi. Ketika itu juru masak pun merasa kebingungan dan tergesa-gesa untuk mencari daging pengganti, namun si juru masak tersebut tidak mendapatkannya.

Setelah itu kemudian dia langsung pergi ke sebuah makam dan memotong paha dari seorang mayat dan menyediakannya kepada sang raja.

Sang raja pun sangat senang sekali karena ia merasa masakan yang dihidangkannya sangat sedap sekali, karena beliau memang reinkarnasi raksasa. Kemudian sang raja pun bertanya kepada si juru masak tersebut, daging apa yang telah kau masak tadi.

Karena si juru masak diancam, kemudian si juru masak pun langsung mengakuinya bahwa daging yang dimasak olehnya tadi ialah daging manusia. Semenjak terjadinya peristiwa itu beliau pun langsung suka memakan daging manusia.

Penduduk-penduduknya pun telah habis semua. baik dimakan ataupun melarikan diri untuk menyelamatkan diri.

Kemudian sang raja mendapati luka dibagian kakinya yang tidak dapat disembuhkan lagi dan beliau pun menjadi raksasa yang tinggal didalam hutan. Sang raja pun mempunyai kaul akan mempersembahkan 100 raja kepada Batara Kala apabila ia dapat disembuhkan dari penyakit yang di deritanya ini.

_____________________________________

Demikianlah sedikit ringkasan tentang kitab sutasoma yang bisa kami uraikan pada artikel ini, terimakasih telah membaca semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

tujuan pendidikan nasional

Pengertian Kurikulum 2013 dan Aspek Penilaiannya

pengertian iklim

Pengertian Iklim Beserta Unsur-unsur, Karakteristik, dan Jenis-jenisnya