Kolesterol dalam Darah Kamu Tinggi? Cobalah Makan Makanan Penurun Kolesterol Ini

Kolesterol merupakan lemak yang ada dalam darah, yang dibutuhkan sel tubuh. Kolesterol ini berasal dari dua sumber, yaitu kolesterol yang diproduksi tubuh secara alami dan kolesterol yang didapat dari makanan. Selain itu, kolesterol juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat yang disebut LDL (low-density lipoprotein) dan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein).

Jika Kolesterol jahat atau LDL tinggi, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti meningkatkan risiko sakit jantung, serangan jantung dan stroke. Untuk menurunkan kolesterol jahat, kamu harus mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

 

Beras Merah

Beras merah sumber karbohidrat simpleks yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh
thesuitcasechef.com

Beras merah memiliki kandungan vitamin B, magnesium, fitonutrien, dan selenium. Kandungan yang dimiliki oleh beras merah dapat digunakan untuk menurunkan kadar lemak darah. Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu untuk menurunkan gula darah.

Kacang-kacangan

Sumber Protein dari Kacang-kacangan
safereating.co.uk

Kacang-kacangan seperti kacang kenari, kacang panjang, kacang hazelnut, kacang almond, dan kacang mede memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda. Kandungan yang dimiliki oleh kacang-kacangan ini bisa menurunkan kolesterol.

Kacang panjang memiliki banyak serat yang mampu memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol pada makanan. Sedangkan, kacang-kacangan seperti kacang walnut, mede, dan hazelnut memiliki kandungan vitamin E, phytochemical , dan magnesium. Kandungan tersebut sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat dari kacang-kacangan, konsumsi kacang-kacangan tersebut secara teratur. Namun, jangan pernah mengonsumsi kacang-kacangan yang dicampur dengan garam dan gula.

Gandum

Gandum (wheat) karbohidrat
agriculturewire.com

Gandum merupakan sereal bergizi untuk menurunkan kolestrol, mengatur kadar gula dalam darah, dan trigliserida darah. Oleh karena itu, untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kamu bisa mengonsumsi gandum. Gandum dapat ditemukan di dalam roti karena biasanya roti terbuat dari gandum.

Kedelai

kedelai
tasudo.com

Kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang sangat ampuh, baik diolah menjadi berbagai maca makanan seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan sebagainya, kedelai tetap ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan kedelai yang sangat ampuh untuk menurunkan atau menekan kolesterol jahat agar tidak berkembang adalah isoflavin.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari
queenofpeaches.com

Biji bunga matahari memiliki kandungan sterol. Kandungan ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Untuk mengonsumsi biji bunga matahari, kamu bisa mengonsumsi kwaci, karena kwaci terbuat dari biji bunga matahari.

Bawang Putih

Sayuran Bawang Putih
thelucidnutritionist.net

Mengonsumsi bawang putih dapat berefek positif terhadap kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Bawang putih bisa digunakan untuk bahan rempah-rempah dalam masakan atau juga bisa dijadikan salad.

Bayam

Gambar Bayam
beritadaerah.co.id

Sayur bayam ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Bayam memiliki kandungan zat lutein yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu, bayam juga bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam juga bisa berfungsi untuk menurunkn kadar kolestrol dalam darah. Untuk mendapatkan manfaat dari bayam cukup mudah. Kamu cukup mengonsumsinya setiap hari. Kamu bisa menjadikan bayam menjadi sup atau kamu juga bisa menjadikan bayam sebagai juice.

Seledri

Sayur Daun Seledri
onvegetables.com

Seledri merupakan tanaman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Seledri juga dikenal sebagai tumbuhan yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung fan mencegah oksidasi LDL.

Untuk mendapatkan manfaat dari seledri cukup mudah. Kamu cukup mengonsumsinya setiap hari. Kamu bisa menjadikan seledri menjadi sup, tumisan, dan kamu juga bisa menjadikan bayam sebagai juice.

Buncis

Sayuran Buncis
citycommonscsa.com

Buncis merupakan sayuran yang mengandung lemak tak jenuh ganda. Sayuran ini merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan bagi para penderita diabetes atau resistensi insulin. Seledri juga dapat membantu untuk menurunkan LDL, kolestrol jahat, dan trigleserida dengan cara mengonsumsinya setiap hari.

Ikan Salmon

Ikan Salmon
gosocio.co.id

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, ikan salmon juga memiliki kandungan EPA dan DHA yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat dari ikan salmon, konsumsi sekitar 2 porsi dalam seminggu secara rutin. Jangan pernah memasak ikan salmon dengan minyak goreng karena minyak sayur mengandung kolesterol yang tinggi.

Tinggalkan komentar