Faktor-faktor Penyebab Komodo Punah

KOMODO PUNAH – Komodo merupakan jenis kadal terbesar yang ada di dunia dengan panjang tubuhnya mencapai 3 meter dan berat 136kg. Hewan ini bisa hidup selama 30 tahun, mempunyai ciri umum warna abu-abu gelap, merah bata dan pada si betina berwarna kecokelatan dan kuning di bagian leher.

Habitat komodo adalah savana, hutan tropis, dan daerah pantai. Komodo juga mempunyai kelebihan dalam berlari dengan kecepatan 18 km/jam, berenang, menyelam hingga kedalaman 4,5 meter, dan memanjat pohon dengan baik.

Selain itu, air liurnya mengandung kumpulan bakteri berbahaya, dengan liurnya ia mampu mematikan korbannya dalam kurun waktu 24 jam. Makanan komodo yaitu segala jenis binatang, dalam sekali makan ia bisamenghabisakan mangasa 80% dari berat badannya sendiri.

Faktor-faktor Penyebab Komodo Punah

komodo punah
mldspot.com

Komodo merupakan salah satu hewan langka yang rawan punah. Komodo adalah endemik Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini keberadaannya masuk ke IUCN dalam kategori rawan punah.

Keberadaannya di alam liar sudah terancam punah yang disebabkan oleh kegiatan manusia seperti perburuan liar, alih fungsi lahan, pembakaran hutan, dan sebagainya. Di Indonesia komodo adalah salah satu satwa yang dilindungi oleh peraturan pemerintah.

Hal itu dibuktikan dengan didirikannya Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo. Dan barang siapa yang melanggar peraturan tersebut maka akan dikenakan hukuman berat. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kepunahan komodo.

Perburuan Liar

Maraknya perburuan liar yang dilakukan di alam liar, perilaku seperti itu akan berdampak secara langsung terhadap populasi komodo yang hidup di alam liar. Biasanya para pemburu melakukan aksinya untuk mendapatkan organ-organ komodo dengan tujuan untuk dipasarkan di pasar gelap, karena harganya yang relatif mahal.

Kebakaran

Kebakaran ini mempunyai efek yang besar, selain komodo hewan-hewan lain pun terkena akibatnya. Nah kaitannya dengan komodo yaitu kebakaran yang terjadi di Pulau Padar itu memunahkan populasi komodo, setelah peristiwa itu tidak ditemukan lagi kotoran-kotoran komodo di pulau itu.

Rusaknya Habitat

Rusaknya habitat ini menjadi masalah utama dalam pelestarian spesies komodo. Sebagian besar habitat rusak disebabkan oleh kegiatan manusia dan bencana alam.

Berkurangnya Makanan

Seperti pada umumnya, setiap makhluk hidup pasti membutuhkan asupan energi, nah energi ini bisa didapat melalui makan. Lantas bagaimana bisa berenergi dan bertahan hidup kalau yang dimakan saja tidak ada.

Kegiatan Vulkanis

Habitat asli komodo yang sebenarnya adalah pulau vulkanis. Di mana sering terjadi aktivitas vulkanis. Karena itulah akan mengancam keberadaan populasi komodo di palau itu.

Berkembangnya Tempat Wisata

Karena ketertarikan seseorang pada suatu tempat, maka dijadikanlah sebuah tempat wisata. Kemudian secara otomatis luas habitat komodo akan menyempit dan mengancam populasinya.

Gempa Bumi

Karena Pulau Komodo merupakan Pulau vulkanis, maka gempa sewaktu-waktu bisa terjadi. karena itulah sangat mengancam kelestarian komodo.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kepunahan komdo.

Tinggalkan komentar